BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pada dasarnya anak-anak pada
usia sekolah dasar secara has terbuka kepada dan berintraksi dengan rentang
stimuli yang luas dan berbagai perilaku. Dalam antusiasme dan keingin tahuannya
yang tak terkendalikan, mereka belum dipaksa oleh realitas - realitas sosial
yang mengganggu dan yang mengubah persepsi-persepsi dari saudara-saudaranya
yang lebih tua dan banyak orang dewasa dimana mereka beridentifikasi. Sehingga
di sini para pendidik mengarahkan anak – anak kearah yang positif untuk masa
depan mereka, salah satunya lewat bimbingan karir.
Bimbingan karier di sekolah dasar tidak
dimaksudkan untuk mengarahkan anak melakukan pilihan prematur. fokusnya malahan
akan kesadaran akan pilihan yang bakal tersedia , cara-cara mengantisipasi dan
merencanakannya ,serta hubungannya dengan ciri-ciri pribadi .Banyak murid yang
perlu mengetahui bahwa mereka akan mempunyai kesempatan-kesempatan untuk
memilih dan kompetensi untuk melaksanakannya .Murid-murid ini juga perlu
menyadarinya ,bagaimana mereka berubah ,dan bagai mana mereka dapat menggunakan
penggalaman penggalaman sekolah untuk menjelajah dan bersiap guna menyongsong
masa depan, maka para pendidik perlunya mengetahui bagaimana pelaksanaan
bimbingan karir tersebut di SD.
B.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah makalah ini adalah :
1. Apa tujuan pelaksanaan bimbingan karir di
SD ?
2. Apa program pelaksanaan bimbingan karir di
SD ?
3. Sebutkan sarana dan prasarana bimbingan
karir di SD ?
4. Bagaimana contoh pelaksanaan bimbingan
karir di SD ?
C.
Tujuan
1. Mengetahui pelaksanaan bimbingan karir di
SD
2. Mengetahui program pelaksanaan bimbingan
karir di SD
3. Mengetahui sarana dan prasarana bimbingan
karir di SD
4. Mengetahui contoh pelaksanaan bimbingan
karir di SD
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Tujuan Pelaksanaan Bimbingan Karir di SD
Dalam bidang bimbingan karier,
pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa mengenali dan mulai
mengarahkan diri untuk masa depan karier. Bimbingan karier di Sekolah merupakan
kegiatan yang paling awal dan mendasar bagi pengembangan karier secara
menyeluruh. Pemberian materi bimbingan karier untuk para siswa disesuaikan
dengan jenjang pendidikan yang diikutinya. Perlunya bakat atau
kemampuan/keterampilan khusus untuk jenis-jenis pekerjaan tertentu, terutama
pekerjaan yang bermanfaat bagi pemberian bantuan kepada sesama manusia,
hendaklah disampaikan. Di samping itu, informasi pekerjaan untuk siswa kelas
tinggi SD perlu diperluas dan diperkuat. Hal ini bertujuan agar mereka memahami
bahwa:
1. Pekerjaan ada di mana-mana, di
tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, negara, bahkan dunia. Pada
tingkat perkembangan itu, siswa mulai membandingkan pekerjaan-pekerjaan yang
ada di desa dan di kota ,
di daerahnya sendiri dan di daerah lain. Siswa dirangsang untuk mulai menyadari
bahwa ada banyak macam cara yang dilakukan oleh manusia untuk mencari
penghidupan dan memenuhi kebutuhan melalui berbagai jenis pekerjaan.
2. Terdapat
saling ketergantungan antara pekerjaan yang satu dengan yang lainnya. Pada diri
siswa, perlu dikembangkan bahwa untuk terlaksananya suatu pekerjaan dengan
baik, para pekerja saling terkait antara yang satu dengan yang lainnya. Oleh
karenanya para pekerja itu harus saling membantu dan bekerja sama.
3. Baik
kemampuan khusus maupun ciri-ciri kepribadian tertentu diperlukan untuk
mencapai keberhasilan bagi sebagian jenis pekerjaan.
4. Untuk memilih suatu pekerjaan diperlukan
informasi yang tepat (yaitu tentang hakikat pekerjaan itu sendiri, latihan yang
diperlukan, kondisi kerja, dsb).
5. Ada berbagai masalah yang mungkin dihadapi
oleh orang-orang yang menginginkan pekerjaan tertentu (seperti peralatan mahal,
biaya untuk program pendidikan dan pelatihan mahal dan waktunya lama, kondisi
kerja kurang menyenangkan, dsb).
6. Untuk
memilih pekerjaan atau karier di masa depan perlu kehati-hatian dan
pertimbangan yang matang.
7. Mengembangkan
sikap positif terhadap segala jenis pekerjaan. Dalam hal ini guru kelas harus
berhati-hati. Guru kelas menunjukkan atau menampilkan prasangka ataupun
kecenderungan tertentu terhadap jenis-jenis pekerjaan (misalnya, pekerjaan
tertentu disikapi positif, sedang lainnya disikapi negatif).
8. Membawa
para siswa menyadari betapa luasnya dunia kerja yang ada, terentang dari
pekerjaan yang dijabat orang tua sampai ke segala macam pekerjaan di
masyarakat.
9. Menjawab
berbagai pertanyaan para siswa tentang pekerjaan. Dorongan ingin tahu anak-anak
akan membawa mereka menanyakan segala sesuatu tentang pekerjaan. Dalam hal ini
jawaban atau informasi yang tepat dan benar harus segera diberikan setiap waktu
bertanya.
10. Menekankan
jasa dari masing-masing jenis pekerjaan, yaitu untuk kesejahteraan hidup rumah
tangga dan masyarakat (tidak hanya mengemukakan besarnya gaji atau penghasilan
yang diperoleh melalui pekerjaan itu). Perlunya bakat atau
kemampuan/keterampilan khusus untuk jenis-jenis pekerjaan tertentu, terutama
pekerjaan yang bermanfaat bagi pemberian bantuan kepada sesama manusia,
hendaklah disampaikan.
B.
Program Pelaksanaan Bimbingan Karir di SD
Adapun program bimbingan karir di SD yaitu :
1. merumuskan tujuan dan cara mencapainya
2. menyediakan sarana dan prasarana penunjang
pelaksanaan bimbingan karir
3. menyediakan tenaga profesional (guru
pembimbing dan guru kelas)
4. pengorganisasian
5. penyediaan sumber-sumber informasi
C.
Sarana dan Prasarana Bimbingan Karir di SD
Program yang telah disusun sedemikian rupa dapat terlaksana denagn
efektif apabila didukung oleh tersedianya sarana dan prasarana yang memadai
sesuai dengan kekhususan layanan bimbingan.Adapun sarana dan prasarana yang
diperlukan untuk menunjang layanan bimbingan adalah :
1. Alat
pengumpul data
Seperti format-format, pedoman
observasi, pedoman wawancara, angket, catatan harian, daftar nilai prestasi
belajar, kartu konsultasi dsb.
2. Alat
penyimpanan data
Seperti kartu pribadi,buku pribadi, map dsb.
3. Perlengkapan
teknis
Seperi buku pedoman/pettunjuk, buku
informasi (pribadi-sosial,pendidikan dan karier). Paket bimbingan (pribadi,
belajar dan karier)
4. Perlengkapan Administratif
Seperti blanko surat ,
agenda surat ,
alat-alat tulis dsb
5. Ruang bimbingan
Ruang Bimbingan
D.
Contoh Pelaksanaan Bimbingan Karir di SD
Dalam pelaksanaan bimbingan
karir di SD, konselor memberikan gambaran kepada siswa mengenai pentingnya
pekerjaan untuk menunjang kehidupannya di masa depan yang disampaikan dengan
bahasa yang sederhana. Memberikan informasi tentang jenis-jenis pekerjaan yang
ada di lingkungan sekitarnya sehingga menumbuhkan cita-cita didalam diri siswa
dengan menggambarkan ciri-ciri masing-masing suatu pekerjaan.
Konselor juga memberikan
informasi tentang keuletan dan ketabahan dalam mengajar dan mengembangkan karir
tertentu.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dalam bidang bimbingan karier, pelayanan bimbingan dan konseling
membantu siswa mengenali dan mulai mengarahkan diri untuk masa depan karier.
Adapun program bimbingan karir di SD yaitu :
1. merumuskan tujuan dan cara mencapainya
2. menyediakan sarana dan prasarana penunjang
pelaksanaan bimbingan karir
3. menyediakan tenaga profesional (guru
pembimbing dan guru kelas)
4. pengorganisasian
5. penyediaan sumber-sumber informasi
Adapun sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang layanan
bimbingan adalah :
1. Alat
pengumpul data
2. Alat
penyimpanan data
3. Perlengkapan
teknis
4. Perlengkapan
administratif
5. Ruang
Bimbingan
B.
Saran
a. Disarankan kepada kepala sekolah agar
secara kontinu melaksanakan tugas tes bakat dan minat untuk mengungkap
kemampuan peserta didik dan memprediksi tingkat dan arah karir untuk
melanjutkan masa depannya
b. Disarankan agar hasil pengukuran tes minat
dan bakat dapat dipakai sebagai acuan dalam menentukan pilihan program
bimbingan karir dan kenaikan kelas, dan pengelompokkan peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar