Minggu, 30 Maret 2014

PROPOSAL KEGIATAN BK KELOMPOK



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Kegiatan
Pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang unik dan mempunyai potensi dalam dirinya yang menuju kea rah perkembangan manusia itu sendiri. Kemampuan dan potensi yang dimiliki manusia merupakan modal awal seseorang dalam menetapkan sebuah tujuan dan membuat perencanaan yang baik dalam menentukan setiap langkah yang akan di lalui, tetapi tidak jarang pada dasarnya manusia itu belum banyak mengetahui kemampuan dan potensi yang mereka miliki didalam dirinya sendiri. Ada beberapa faktor yang bisa membantu dalam  mengenali potensi dan kemampuan mereka adalah dengan mengenali dirinya sendiri, lingkungan yang mendukung dan dibutuhkan juga faktor self-efficacy.
Self-Efficacy merupakan salah satu kemampuan pengaturan diri individu. Self-Efficacy mempunyai konsep yang mengacu kepada sebuah persepsi tentang kemampuan individu untuk mengorganisasi dan mengimplementasikan tindakan dan keterampilan untuk menampilkan kecakapan tertentu (Bandura, 1986). Persepsi individu terhadap dirinya berbeda-beda, ada yang baik ada pula yang buruk. Persepsi yang buruk inilah yang bisa menghambat individu tersebut dalam memahami dan mengenali dirinya sendiri yang akahirnya menghilangkan kemampuan dan keyakinan dirinya sendiri dalam mengenali apa yang dia miliki sehingga berdampak kepada pengambilan sebuah keputusan yang tidak didasari padsa kemampuan dan potensi serta keyakinan yang dia miliki.
Keterampilan self-efficacy merupakan aspek yang mendasar bagi setiap individu, karena aspek ini dibutuhkan oleh setiap individu dalam membantu mereka menyusun dan merancang sebuah perencanaan yang terkait dengan pengambilan sebuah keputusan yang tepat yang didasari oleh keyakinan dirinya sendiri sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dia miliki. Siswa yang memiliki keterampilan self-efficacy dalam dirinya akan membantu dia dalam mengarahkan dirinya ke dalam keterampilan yang baru dalam hal bisa mempercayai dan meyakini mengenai kemampuan dirinya untuk mengorganisasi, melakukan suatu tugas, mencapai suatu tujuan, menghasilkan sesuatu dan mengimplementasikan tindakan dalam mengambil sebuah keputusan yang dapat mengembangkan kapasitas dan kreativitas serta lebih optimis dalam mengambil sebuah keputusan.
Semenjak dikeluarkannya kurikulum 2013 yang baru, dimana arah peminatan dilakukan pada siswa SMP, yang secara tidak langsung menambah beban kepada siswa SMP yang harus sesegera mungkin mengambil keputusan kemana mereka akan melangkah ke depannya. Tentu saja hal ini sangatlah sulit untuk dilakukan oleh siswa SMP karena mereka masih belum ada gambaran secara jelas bagaimana pengambilan sebuah keputusan yang baik dan tepat. Disamping itu anak usia SMP juga mempunyai tugas-tugas perkekbangan yang harus mereka penuhi untuk mencapai perkembangan yang baik misalnya saja tentang perkembangan sosial siswa yang harus mengenal dunia sekitarnya seperti lingkungannya, interaksi sosialnya yang ikut menentukan mereka ke depannya.
Masalah demi masalah yang dihadapi oleh siswa SMP yang akan membawa dampak yang sangatlah tidak baik bagi anak SMP, misalnya saja dia kan menjadi orang yang acuh tak acuh terhadap lingkungan dan dirinya sendiri, dan tidak jarang untuk siswa SMP dalam mengatasi kesulitan banyak mengalami sebuah hambatan-hambatan yang akan menambah kesulitan tersebut.
Berbagai fenomena diatas menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum mampu mengenali sispa dirinya dan belum mampu dalam mengambil sebuah keputusan  yang tepat berdsarkan self-efficacy siswa itu sendiri.
Berdasarkan need assessment yang telah dilakukan pada siswa SMP Negeri 3 Barabai dengan menggunakan instrument self-efficacy menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami permasalahan mengenaik keyakinan terhadap dirinya sendiri, kelas VII sebanyak 68%, sisanya di alami oleh siswa kelas VIII 20% dan 12 % kelas IX.
Berdasarkan permasalahn di atas, maka sudah sepantasnya dilakukan usaha untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahamaman tentang dirinya dengan melalui keterampilan self-efficacy. Dengan meningkatkan keterampilan self-efficacy, diharapakan siswa mampu dan memiliki kepercayaan bahwa mereka mempunyai serbuah kepercayaan terhadap potensi dan kemampuan yang baik untuk dijadikan sebuah dasar dalam pengambilan keputusan yang menyangkut masa depan mereka. Bimbingan dan konseling bagian yang integral dalam upaya membantu siswa agar dapat mengembangkan diri secara optimal, memahami potensi diri dan lingkungan sehingga siswa memiliki kompetensi khususnya kompetensi dalam mengambil keputusan  dengan menggunakan keterampilan self-efficacy siswa.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melakukan pelatihan self-efficacy siswa melalui kegiatan kelompok pshycoeducational. Melalui kegiatan kelompok tersebut siswa akan dilatih bagaimana memahami dirinya sendiri dan memahami sekitarnya. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan keterampilan self-efficacy siswa kelas VII SMP Negeri 3 Barabai, unit layanan Bimbingan dsan Konseling SMP Negeri 3 Barabai akan melaksanakan kegiatan “Pshycoeducational Group” dengan tema “Meningkatkan Keterampilan Self-Efficacy dalam Upaya Bantuan Pengambilan Keputusan Siswa”.

B.       Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah melatih keterampilan self-efficacy pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Barabai dan memeberikan gambaran betapa pentinga keterampilan self-efficacy siswa dalam upaya pengambilan keputusan siswa.

BAB II
DESKRIPSI KEGIATAN

A.      Nama Kegiatan
Nama dalam kegiatan ini adalah “Pshycoeducational Group”.
B.       Tema Kegiatan
Tema dalam kegiatan ini adalah “Meningkatkan Keterampilan Self-Efficacy dalam Upaya Bantuan Pengambilan Keputusan Siswa”
C.      Sasaran Kegiaatan
Sasaran kegiatan ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Barabai yang setelah dilakukan need assesment menunjukkan keterampilan self-efficacy yang rendah.
D.      Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini akan dilakukan oleh dua orang konselor SMP Negeri 3 Barabai yang mempunyai kualifikasi pendidikan S1 dan S2 Bimbingan Konseling yaitu Sri Hidayanti, S.Pd dan Akhmad Sugianto, M.Pd.
1.    Agenda Kegiatan

Susunan Kegiatan Pshycoeducational Group
SMP Negeri 3 Barabai
No
Tahap
Kegiatan
Waktu
1.



Tahap Awal
a.    Pembukaan



15.00-16.30
(90 menit)
b.    Perkenalan anggota kelompok dan pemimpin kelompok
c.    Menjelaskan dan menyampaikan tujuan kegiatan kelompok (informed consent)
d.   Pembahasan bersama kontrak kegiatan kelompok
e.    Ice Breaking
2.




Tahap Kerja
a.     Masa orientasi
15.00-16.30
(90 menit)
b.     Siapa aku?
15.00-16.30
(90 menit)
c.     Inilah aku apa adanya?
15.00-16.30
(90 menit)
d.    Gali bakat dan minat ku?
15.00-16.30
(90 menit)
e.     Management waktu?
15.00-16.30
(90 menit)
f.      Caraku mengambil keputusan
15.00-16.30
(90 menit)
g.     Ciptakan duniamu sekarang
15.00-16.30
(90 menit)
h.     Reward and punishment
15.00-16.30
(90 menit)
3.
Tahap Terminasi
a.     Praktek keterampilan baru
15.00-16.30
(90 menit)
b.     Eksplorasi perasaan
4.
Tahap Evaluasi
a.    Refleksi kegiatan
15.00-16.30
(90 menit)
b.    Refleksi hasil kegiatan
5.
Tahap Tindak Lanjut
Rencana pertemuan di luar kelompok
15.00-16.30
(90 menit)
Referral (kalau ada)

2.    Jadwal Kegiatan
Kegiatan ini dilakukan pada bulan agustus sampai November 2014
Kelas
Kelompok
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
VII. A
1


















2


















VII. B
1


















2



















3.    Tempat Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kesenian SMP Negeri 3 Barabai.

E.       Anggaran Dana

Rencana Anggaran Dana
No
Kebutuhan
Banyak
Harga
Jumlah
1.
a.     Kertas tulis folio isi 25 per pak
2
Rp. 25.000,-

2.
b.     Pembuatan banner
1
Rp. 45.000,-

 3.
c.     Kertas print A4
1
Rp. 30.000,-

4.
d.    Snack peserta
50
Rp. 250.000,-

5.
e.     Biaya lain-lain
-
Rp. 50.000,-

6.
f.      Biaya konselor
2
Rp. 1.000,000,-


Rp. 1. 400,000,-



BAB III
PENUTUP

            Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan baru yang dia miliki setelah mengikuti pelatihan ini. Atas kerjasama berbagai pihak atas Ridho Allah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Kesalahan dan hilaf sebagai manusia biasa pasti ada, oleh karena itu mohon partisipasinya dalam hal ini. Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada pihak sekolah tentunya yang sudah memberikan izin untuk melaksanakan kegiatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar