A.
Pendahuluan
Hirarki
prosedur alternatif untuk mengurangi perilaku, terdiri dari Level I Strategi
dari differential reinforcement, Level II Extinction (mengakhiri
reinforcement), Level III Mengubah stimuli yang tidak diinginkan, dan Level IV
Pemberian stimuli aversif. Dalam bab ini akan dibahas mengenai prosedur
alternatif untuk mengurangi perilaku pada level IV yaitu pemberian stimuli
aversif. Pendekatan differential reinforcement (DRI dan DRA) termasuk strategi
meningkatkan respon yang mengganggu dengan menggunakan alternatif atau
menggantikan yang tidak sesuai. Pendekatan differential reinforcement mungkin
dikombinasikan dengan prosedur extinction. Hal tersebut dicontohkan dalam
mengajarkan dan mereinforcement keterampilan sosial yang baru dengan
mengabaikan perilaku yang bertentangan. Pendekatan differential reinforcement memberikan reinforcement secara berangsur-angsur
dalam waktu yang lama untuk menanggapi adanya gangguan. Alternatif pendekatan differential reinforcement memberikan
reinforcement dengan segera (DRL) atau berangsur-angsur (DRO) utuk mengurangi
perilaku. Pendekatan ini termasuk susunan strategi untuk meningkatkan (misalnya
modelling, pengulangan perilaku, dan DRI/DRA). Ini dicontohkan dengan
mengurangi tingkat reinforcement untuk perilaku yang mengganggu dengan
mengajarkan dan reinforcement alternatif terhadap respon sosial.
Prosedur
time-out tanpa pengecualian dimana semua sumber reinforcement ditarik dalam waktu
yang singkat bersamaan dengan perilaku yang mengganggu. Alternatif prosedur
respon yang berharga dimana reinforcer yang berlainan ditarik bersamaan dengan
respon yang mengganggu. Pendekatan ini mungkin dikombinasikan dengan meningkatkan
strategi mengajarkan dan pendekatan differential reinforcement. Dicontohkan
dengan menuntun siswa untuk menempatkan kepalanya dibawah meja selama 3 menit
atau membayar 10 token kemudian berbicara diluar. Kamu kemudian menyuruh suswa
untuk mempraktekkan menaikkan tangannya dan mereinforce dia untuk melakukannya.
Time-out pengecualian dimana siswa distimulasi dengan diisolasi di ruang kosong
dan hubungan interpersonal. Time-out pengeculian mungkin dikombinasikan dengan
meningkatkan strategi mengajarkan dan pendekatan differential reinforcement.
Contohnya menyuruh remaja untuk masuk ruang time-out selama 3 menit setelah
berperilaku agresif. Kamu mungkin akan memintanya untuk menunjukkan perilaku
agresif. Sampai pada overcorrection, dimana siswa harus menunjukkan pemulihan
secara luar biasa setelah perilaku sosial yang mengganggu dan mempraktekkan
perilaku sosial alternatif yang positif. Bergantung pada sifat pemulihan dan
kegiatan latihan yang positif, hirarki pendekatan dapat bergerak naik ke batas
minimal dari pendekatan (misalnya siswa harus minta maaf karena menjatuhkan
bukunya dan kemudian mengambil buku tersebut) atau hierarki bergerak turun
secara tajam (misalnya, memberikan pemulihan dan kegiatan praktek yang positif membutuhkan
bimbingan secara fisik dari orang lain).
Akhirnya,
presentation of aversive consequences (PAC), dimana alat yang berbahaya
diberikan setelah perilaku yang mengganggu, mungkin digambarkan sebagai
prosedur yang paling membatasi. Sama seperti prosedur lainnya dalam strategi
untuk meningkatkan, PAC dikombinasikan dengan modelling, pengulangan perilaku
dan prosedur DRI/DRA. Bergantung pada sifat stimulus aversif, hirarki
pendekatan dapat bergerak naik ke batas minimal dari pendekatan (misalnya,
teguran verbal dan perintah). Pemberian stimulus aversif sebagai konsekuensi
dari perilaku yang tidak tepat, digunakan secara umum dalam memperkenalkan
istilah punishment. Punishment merupakan
tindakan yang sederhana dengan memberikan konsekuensi yang tidak diinginkan
setelah perilaku yang tidak tepat. Secara teknis, mengindikasikan hubungan
antara beberapa stimulus, yang diartikan punisher sebagai menyenangkan atau
tidak menyenangkan. Oleh karena itu, dampak dari penggunaan punishment pada
umumnya yaitu membentuk lingkungan belajar yang berseteru.
Prosedur pengurangan
perilaku harus dipilih hanya ketika perilaku tersebut secara jelas-jelas
mengganggu kemampuan siswa untuk belajar atau membahayakan siswa atau orang
lain. Reinforcement positif dari perilaku yang sesuai harus selalu
dikombinasikan dengan prosedur apapun untuk mengurangi atau menghilangkan
perilaku.
Makalah ini akan mendefinisikan
prinsip dari punishment, membahas efek samping dan keterbatasan,
mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas punishment,
menggambarkan contoh beberapa taktik perubahan perilaku yang menggabungkan punishment,
membahas pertimbangan etis dalam penggunaan punishment, dan pedoman yang ada
untuk menggunakan punishment efektif. Pada bagian penutup bab ini, kami
menggarisbawahi kebutuhan untuk lebih dasar dan terapan mencari punishment dan
mengulangi (1988) rekomendasi bahwa analis perilaku punishment oleh stimulasi
kontingen sebagai teknologi standar untuk implementasi ketika intervensi lain
telah gagal.
B.
Pembahasan
1.
Definisi
dan Sifat Punishment
Bagian ini menyajikan
hubungan fungsional dalam mendefinisikan punishment, pelaksanaan berbagai punishment
dapat diimplementasikan, efek diskriminasi punishment, pemulihan punishment,
punishers terkondisikan dan dikondisikan, faktor yang mempengaruhi keefektifan punishment,
dan efek samping dan masalah yang ditimbulkan. Klasifikasi punishment yaitu removal pf pleasant event, punishment based
on penalties and effort, dan presentation
of aversive stimuli.
a.
Mendefinisikan
Dampak dan Pelaksanaan Punishment
Seperti reinforcement, punishment
adalah dua istilah, hubungan fungsional konsekuensi perilaku didefinisikan oleh
dampaknya pada frekuensi perilaku dimasa depan. Punishment berlaku ketika
respon segera diikuti oleh stimulus perubahan yang menurunkan frekuensi
tanggapan serupa dimasa depan (Azrin & Holz, 1966). Penting untuk
menunjukkan bahwa punishment adalah tindakan orang yang memberikan konsekuensi.
Frekuensi terjadinya perilaku dimasa
depan harus diperhatikan sebelum konsekuensi intervensi memenuhi syarat sebagai
punishment. Intervensi yang terbukti berhasil mengurangi frekuensi menggigit
Andrea dan mencubit, guru menunjuk jari dan berteriak "Tidak!".
Diklasifikasikan sebagai punishment karena efek penekannya. Jika Andrea terus
menggigit dan mencubit pada tingkat baseline merespons ketika intervensi
diterapkan, gurunya menunjuk dan "Tidak!" tidak akan menjadi punishment.
Karena penyajian punishers sering membangkitkan perilaku yang tidak sesuai
dengan perilaku yang sedang dihukum, efek penekan punishment secara langsung bisa
berlebihan. Faktor lain yang berkontribusi terhadap kesulitan menentukan
efektivitas punishment bahwa penurunan tingkat respon sering dikacaukan oleh efek
yang disebabkan oleh pemotongan reinforcement untuk perilaku bermasalah
(sesuatu yang harus menjadi bagian dari intervensi punishment, bila
memungkinkan) (Iwata, Pace, Cowdery, & Miltenberger, 1994).
Pemberian stimulus
aversif sebagai konsekuensi dari perilaku yang tidak tepat, digunakan secara
umum dalam memperkenalkan istilah punishment. Stimulus aversif pada umumnya
berupa penyerangan melalui tanda, suara, bau, rasa, atau sensasi fisik.
Melalukan punishment, apabila menghasilkan pengurangan perilaku yang
ditargetkan. Guru mengubah bentuk punishment hampir dengan refleks, seprti
berteriak, memukul, terutama ketika lawan mereka secara fisik lebih kecil. Dari
segi fungsional, bentuk punishment sering digunakan karena memiliki tiga
keunggulan, yaitu:
a. Penggunaan
stimulus aversif secara cepat menghentikan perilaku dan memiliki efek jangka
panjang (Azin, 1960), contoh sepasang siswa bergosip dibelakang ruangan akan
berhenti ketika guru berteriak kepada mereka.
b. Menggunakan
stimulus aversif membantu belajar menyediakn diskriminasi yang jelas antara
perilaku yang dapat diterima dan tidak diterima atau perilaku yang aman dan
berbahaya (Marshall, 1965), contoh tertabrak mobil karena berlari diseberang
jalan dengan jelas dan segera menunjukkan perilaku yang tidak tepat.
c. Konsekuensi
aversif bersamaan dengan perilaku siswa yang tidak tepat secara jelas
memberikan gambaran kepada siswa lain, mengenai hasil dari perilaku, oleh
karena itu, cenderung mengurangi kemungkinan individu lain akan melakukan
perilaku tersebut (Bandura, 1965).
Penggunaan konsekuensi
aversif tidak direkomendasi, terutama yang melibatkan kontak fisik sebagai
rutinitas dalam mengelola kelas, rumah, atau lembaga-lembaga. Namun, mengakui
adanya dampak perilaku yang disebabkan oleh penggunaan konsekuensi aversif.
Konsekuensi aversif secara fisik atau lainnya, dibenarkan hanya jika keamanan
terancam atau kasus masalah perilaku yang serius. Konsekuensi aversif harus
digunakan, setelah mempertimbangkan keselamatan dan pedoman prosedural yang
tepat, secara minimal, melingkupi:
a.
Menunjukkan dan
didokumentasikan kegagalan dari alternatif prosedur nonaversif dalam
memodifikasi perilaku sasaran.
b.
Persetujuan tindakan
secara tertulis dari orang tua atau wali, melalui prosedur dan jaminan hak
untuk menarik persetujuan tersebut setiap saat (Rimm & Masters, 1979).
c.
Keputusan untuk
menetapkan prosedur aversif dibuat oleh profesional yang berkualifikasi yang
telah ditunjuk.
d.
Diatur sebelumnya,
jadwal untuk meninjau keefektifan prosedur dan menghentikan prosedur, sesegeram
mungkin.
e.
Pengamatan secara
periodik untuk menjamin konsistensi dan prosedur administrasi yang akurat dari
anggota staf.
f.
Mendokumentasikan
keefektifan prosedur serta bukti peningkatan kecapaian instruksi.
g.
Prosedur administrasi disusun hanya dengan
anggota staf. (Anggota staf harus memegang instruksi dalam prosedur,
mempertimbangkan penyelidikan yang dimuat dan digunakan dalam prsedur, dan
akrab dengan pedoman prosedur secara spesifik dan dampak negatif yang mungkin
timbul).
h.
Reinforcement positif
dari perilaku yang bertentangan, bila memungkinkan, sebagai bagian rencana
menggunakan stimulus aversif.
Krasner (1976)
menunjukkan perbedaan penting antara keefektifan dan hal yang dapat diterima.
Ini bukanlah keefektifan dari prosedur aversif, namun hal yang dapat diterima
oleh orang tua, masyarakat, dan profesional. Teknik yang melibatkan konsekuensi
aversif, dapat dipahami, menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang. Meskipun
penggunaannya dapat diterima untuk kasus-kasus, seperti perilaku yang merugikan
diri sendiri, apabila melaksanakan perlindungan yang tepat, ragu-ragu bahwa
tindakan drastis dapat atau harus diterima sebagai rutinitas prosedur mengelola
kelas.
2.
Punishment
Postif dan Punishment Negatif
Seperti reinforcement, punishment
dapat dilakukan dengan salah satu dari dua cara perubahan stimulus. Punishment positif
terjadi ketika penyajian stimulus (atau peningkatan intensitas stimulus
sekarang yang sudah ada) segera setelah hasil penurunan frekuensi perilaku. Punishment
negatif melibatkan penghentian stimulus sudah ada (atau penurunan intensitas
stimulus yang sudah ada) segera setelah perilaku yang mengakibatkan penurunan
frekuensi perilaku di masa depan.
3.
Dampak
Diskriminasi Punishment
Punishment tidak
bekerja dalam ruang hampa kontekstual. Itu situasi stimulus yg di mana punishment
memainkan peran penting dalam menentukan lingkungan yang kondisi mental di mana
efek penekan punishment akan diamati.
4.
Pemulihan
dari Punishment
Ketika punishment dihentikan,
efek penekanan pada respon biasanya tidak permanen, sering disebut pemulihan
dari punishment. Kadang-kadang bereaksi setelah punishment dihentikan tidak
hanya akan sembuh tapi juga melebihi tingkat di mana sebelum diberikan
punishment (Azrin, I960; Holz & Azrin, 1962). Hal tersebut lebih mungkin
terjadi ketika punishment itu ringan atau ketika orang dapat membedakan bahwa punishment
tidak lagi aktif. Meskipun efek respon punishment sering memudar ketika punishment
dihentikan, demikian juga yang respon efek reinforcement sering menguat ketika
perilaku direinforce sebelumnya ditempatkan pada extinction (Vollmer, 2002).
5.
Punisher
Dikondisikan dan Tidak Dikondisikan
Stimulus aversif
dikategorikan dalam dua kelompok, yaitu stimulus aversif yang dikondisikan dan
stimulus aversif yang tidak dikondisikan. Stimulus aversif yang tidak
dikondisikan mengakibatkan sakit fisik atau ketidaknyamanan siswa, contoh
stimulus menampar, menggigit, atau mencubit. Apapun golongan stimulus menyakiti
fisik, menyebabkan konsekuensi terjadi secara alami, seperti menyentuh kompor
panas atau konsekuensi yang dibuat-buat, seperti memakai alat kejut elektrik.
Karena stimulus tersebut menghasilkan perubahan perilaku dengan segera tanpa
membutuhkan pengalaman sebelumnya, sehingga menjadi universal, natural, atau
punisher yang tidak dipelajari. Stimulus aversif yang tidak dikondisikan juga
termasuk konsekuensi yang mungkin dinyatakan sebagai aversif ringan. Dari pada
menyebabkan sakit, stimulus yang berbahaya mengakibatkan gangguan,
ketidaknyamaan dan kejengkelan. Konsekuensi stimulus aversif meliputi
menggunakan kekerasan dan kontrol fisik.
Kekerasan digunakan
sebagai stimulus aversif untuk perilaku yang tidak tepat, meliputi air, jus
lemon, dan amonia aromatik. Mengarahkan uap air yang dibuka ke bagian wajah
subjek ketika melakukan perilaku yang ditargetkan mulai dari mengucapkan objek
(menghasilkan muntahan atau menggigit tangan untuk beberapa objek),
membenturkan kepala dan merobek tubuh dari bibir dan lengan bawah atau bentuk
lain dari perilaku yang merugikan diri sendiri dan stereotip, pika (memakan
yang bukan makanan). Menempatkan jus lemon ke dalam mulut subjek yang sedang
menahan ruminasi (naiknya makanan yang telah ditelan) dan perilaku yang
merugikan diri sendiri. Paling parah dan paling ekstrim dari konsekuensi
kekerasan dengan menggunakan amonia aromatik. Amonia aromatik berbentuk kapsul
yang berbau garam yang ditumbuk dan ditaruh dibawah hidung subjek untuk
mengurangi perilaku merugikan diri sendiri, menyerang orang lain, dan pika.
Kontrol fisik mengacu pada cara menuntut langsung, intervensi fisik tujuannya
untuk menekan perilaku yang ditargetkan. Kedua prosedurnya yaitu bergantung
latihan atau menahan diri. Bergantung latihan menuntut siswa untuk menggunakan
aktifitas fisik, seperti push up atau menekuk lutut sebagai konsekuensi dari
perilaku yang ditargetkan. Prosedur ini digunakan dalam perilaku yang merugikan
diri sendiri, stereotip, self-stimulatory, dan agresif, serta perilaku dalam
merekrut militer yang digunakan oleh sersan.
Menahan diri semula
digunakan untuk perilaku stereotip dan perilaku yang merugikan diri sendiri dan
pika. Schloss dan Smith menunjukkan keterbatasan dalam menggunakan menahan
diri.
a. Menahan
diri tidak melibatkan reinforcement perilaku alternatif.
b. Perilaku
yang tidak tepat dapat direinforce dengan panduan menahan diri sehingga
meningkatkan kemungkinan terjadi di masa depan.
c. Setelah
siswa belajar bahwa ia secara fisik dibatasi dalam merespon, ia cenderung
meningkatkan usahanya untuk melakukan hal tersebut.
d. Penerapannya
dapat merugikan guru dan siswa.
Kemudian Schloss dan
Smith menyarankan pedoman berikut ini:
a. Panduan
menahan diri harus digunakan hanya untuk mencegah siswa sebagai penyebab dari
merugikan dirinya sendiri, orang lain, atau sasaran lain.
b. Panduan
menahan diri tidak
boleh digunakan untuk memaksa siswa berperilaku secara tepat, tetapi hanya
berhenti melakukan yang tidak pantas. Dengan kata lain, Schloss dan Smith tidak
merekomendasikan panduan fisik bagi siswa melalui latihan menahan diri, seperti
mengembalikan sesuatu yang dicuri dari siswa lain.
c. Menyediakan
kesemapatan bagi siswa untuk mengontrol perilaku diri sendiri sebelum manajemen
fisik, diterapkan.
d. Harus
diambil dengan sangat hati-hati untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi
siswa selama prosedur menahan diri.
e. Guru
harus menjaga mempengaruhi keseluruhan proses manajemen fisik. Artinya mereka
tidak harus menunjukkan kemarahan, ketakutan, ketegangan, atau lebih buruk,
gembira. Sikap yang paling efektif adalah nampaknya tidak melihat sesuatu yang
menahan diri siswa menjadi kewajiban seperti biasa.
f. Laporan
tertulis dari peristiwa manajemen fisik yang menggambrakan anteseden, respon
agresif tertentu dan hasil atau konsekuensi yang harus segera dilakukan setela
setiap kejadian.
Konsekuensi
aversif berpotensi berbahaya, sehingga guru, orang tua atau komite konsultasi
dalam mengelola perilaku telah membaca prosedur secara menyeluruh dalam
literatur profesional sebelum merekomendasikan penggunaanya. Pemahaman yang
jelas tentang pedoman prosedur secara khusus, seperti durasi dan jadwal
pemberian konsekuensi, dan perhatian khusus pada potensi perilaku dan dampak
negatif secara fisik harus dimiliki semua pihak sebelum dilaksanakan.
Meskipun konsekuensi ini termasuk dalam kategori stimulus aversif yang tidak
dikondisikan, mereka tidak selalu punisher universal. Beberapa siswa mungkin
merasa sebagai prosedur memperkuat daripada menghukum. Seorang siswa mungkin
menyukai ras jus melon, mungkin merasa menyenangkan untuk disemprotkan air
diwajahnya atau menikmati kontak fisik dengan guru. Akses menahan diri
sebenarnya telah digunakan sebagai reinforcement
positif.
Stimulus aversif yang
dikondisikan adalah stimulus siswa belajar untuk mengalami aversif sebagai akibat dari
memasangkan stimulus aversif yang tidak dikondisikan. Golongan ini termasuk
konsekuensi seperti kata-kata dan peringatan, nada vokal, atau gerakan. Seorang
anak misalnya pernah mengalami berteriak, dipasangkan dengan dipukul. Berteriak
mungkin menjadi stimulus aversif yang dikondisikan, seperti pengalaman yang
membuktikan kepada siswa yang berteriak adalah berhubungan dengan nyeri. Rasa
sakit yang terkait dengan stimulus aversif yang dikondisikan menjadi sakit
secara psikologi atau sosial atau ketidaknyamanan, biasanya dalam bentuk malu
atau ejekan dari teman. Teguran lisan (berteriak atau memarahi) bentuk paling
umum dari stimulus aversif yang dikondisikan yang digunakan dikelas. Beberapa penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan dari teguran, yaitu (1) teguran
verbal lebih efektif disampaikan dengan teguran dari aspek nonverbal, seperti
kontak mata dan menggenggam erat, (2) teguran lebih efektif ketika disampaikan
didekat siswa daripada ketika dilakukan diruangan, dan (3) memberikan teguran
pada satu siswa mengurangi perilaku yang mengganggu teman dekat.
Jika stimulus aversif yang
dikondisikan akan digunakan sebagai konsekuensi dalam program pengurangan
perilaku, mereka harus digunakan seefektif mungkin. Seabagaimana yang
ditunjukkan dalam definisi fungsional, guru harus konsisten dan langsung
menerapkan konsekuensi. Aturan perilaku harus jelas terkait dengan kemungkinan
yang dinyatakan sebelumnya: “jika..., maka....” pernyataan sebab dan akibat.
Siswa harus memahami bahwa konsekuensi aversif tidak sewenang-wenang
diterapkan. Kesegeraan penerapan menyakinkan siswa tentang kebenaran
kemungkinan dan menggaris
bawahi hubungan antara
perilaku tertentu dan konsekuensinya. Selain memastikan konsistensi dan
kesegeraan, guru harus menghindari peristiwa memperpanjang punishment.
Konsekuensi harus cepat dan langsung pada pointnya. Kadang-kadang guru menjadi
terlibat dalam menganalisis perilaku dan mengatur konsekuensi dan kadang-kadang
lupa untuk meminta secara sopan kepada anak, untuk “tolong berhenti melakukan
hal itu”, semua itu diperlukan. Apabila kata-kata punisher untuk siswa, seperti
“jangan lari di aula” mungkin lebih efektif dari pada kuliah 15 menit, yang
sebagian besar siswa menghilang.
Punisment
jauh lebih efektif apabila intensitas stimulus aversif ditingkatkan secara
bertahap, bukannya intensitasnya diberikan secara penuh di awal. Dengan
peningkatan yang bertahap, siswa memiliki kesempatan untuk terbiasa atau peka
terhadap penerapan sebelumnya. Pembiasaan
beratahap dapat menyebabkan guru untuk mengelola tingkat intensitas jauh dari
yang dipertimbangkan sebelumnya yang dibutuhkan untuk mengakhiri perilaku siswa
yang tidak tepat. Keinginan atau usaha yang sebenarnya untuk melarikan diri
dari kondisi aversif merupakan respon alami. Apabila punishment efektif
mengubah perilaku siswa yang tidak diinginkan, guru harus mengatur lingkungan
untuk mencegah siswa melarikan diri dari punishment. Unsur yang paling penting
dari setiap rencana yang mencakup punishment untuk perilaku yang tidak tepat
adalah menjamin bahwa punisment selalu digunakan berhubungan dengan penguatan
untuk perilaku yang tepat. Punishment sedikit memberikan pembelajaran bagi
siswa. Akibatnya, semua siswa belajar perilaku yang tidak boleh dilakukan.
Mereinforcement perilaku yang sesuai menginstruksikan siswa pada perilaku yang
sesuai atau diharapkan dan memberikan kesempatan untuk pengalaman yang sukses
atau direinforce.
a.
Punisher
Terkondisi atau Tidak Dikondisikan
Punisher
berkondisi adalah stimulus yang fungsi pemberiannya sebagai punishment tanpa
dipasangkan dengan punishers lainnya. (Beberapa penulis menggunakan punisher
primer sebagai sinonim untuk Punisher berkondisi). Karena punisher berkondisi
adalah produk dari sejarah evolusi spesies (filogeni), semua anggota biologis
dari spesies yang lebih atau kurang rentan terhadap punishment oleh punishers
berkondisi sama. Stimulasi yang menyakitkan seperti yang disebabkan oleh trauma
fisik pada tubuh.
Stimulus aversif yang
tidak dikondisikan merupakan kejadian yang tidak diinginkan individu sebagai
akibat dari pembelajaran sebelumnya. Kejadian stimulus aversif yang tidak
dikondisikan meliputi: suhu yang ekstrem, merampas makanan atau minuman,
gangguan secara fisik, trauma fisik, dan bau yang berbahaya. Karena individu
memiliki sifat emosional secara biologis, stimulus aversif yang tidak
dikondisikan pada umumnya ada pada diri individu. Mereka tidak membutuhkan
pembelajaran sebelumnya, umumnya digunakan sebagai punishment bagi anak-anak
yang sangat muda, orang yang memiliki keterlambatan perkembangan yang parah,
atau siapapun yang stimulus aversifnya tidak dapat diidentifikasi.
Stimulus
aversif yang dikondisikan, diperoleh dari sifat emosional negatif melalui
pengalaman siswa. Pemasangan secara berulang setiap peristiwa netral dengan
stimulus aversif yang tidak dikondisikan akan menghasilkan stimulus yang tidak dikondisikan
memperoleh aversif. Misalnya, anak yang berteriak diberikan punishment fisik,
mengakibatkan berteriak saja akan menimbulkan reaksi aversif. Peristiwa dapat
menjadi sifat yang aversif melalui pengkondisian yang lebih tinggi dari
kejadian aversif yang dipelajari sebelumnya yang dihubungkan dengan peristiwa
netral. Contoh, orang tua memarahi dan memukul anak secara bersamaan, tetapi
hasil dari memarahi menghasilkan reaksi emosional yang sama seperti memukul,
memarahi kemudian dihubungkan dengan nilai buruk. Akibatnya, nilai buruk
mengembangkan nilai emosional yang sama dengan memarahi dan memukul.
b.
Punisher
Dikondisikan
Punisher
dikondisikan adalah perubahan stimulus yang berfungsi sebagai punishment sebagai
akibat dari pengalaman pengkondisian seseorang. (Beberapa penulis menggunakan
punisher sekunder atau punisher belajar sebagai sinonim untuk Punisher
dikondisikan). Punisher dikondisikan untuk berfungsi sebagai punisher melalui
stimulus-stimulus dengan dipasangkan pada satu atau lebih punisher berkondisi. Stimulus aversif yang
dikondisikan pada umumnya digunakan lebih pada aversif yang tidak dikondisikan
karena beberapa masalah perilaku. Mereka umumnya tidak mengganggu dan tidak
menyenangkan, tetapi masih mempunyai efek mempunish bagi sebagian masalah
perilaku. Pada umumnya, aversif yang dikondisikan, yang digunakan disekolah,
meliputi teguran verbal, menurunkan nilai, dan membukukan nama dan pelanggaran.
6.
Faktor
yang Mempengaruhi Punishment
a.
Kesegaran
Efek
yang bersifat menekan maksimum diperoleh ketika punisher sesegera mungkin
setelah terjadinya respon sasaran. Semakin lama waktu tunda antara terjadinya
respon dan terjadinya perubahan stimulus, punishment akan kurang efektif dalam
mengubah respon (Michael, 2004, hal. 36).
b.
Intensitas
Peneliti
menguji efek dari punishment dari intensitas atau besarnya (dalam hal jumlah durasi)
telah melaporkan tiga temuan yang diandalkan: (1) korelasi positif antara
intensitas punishment itu. Penekanan stimulus dan respon: semakin besar
magnitude stimulus punishment, segera dan menyeluruh itu menekan terjadinya peribuhan perilaku (mis.,
Azrin & Holtz, 1966); (2) pemulihan dari punishment berkorelasi negatif
dengan intensitas stimulus punishment: semakin intens punisher tersebut,
semakin kecil kemungkinan akan terulang kembali ketika punishment dihentikan
(misalnya, semacam ikan, Azrin, & Oxford, 1967); dan (3) stimulus
intensitas tinggi mungkin tidak efektif sebagai punishment jika stimulus yang
digunakan sebagai punishment awalnya dari intensitas rendah dan meningkat secara
bertahap (misalnya, Terris & Barnes, 1969); Namun, seperti Lerman
andVorndran (2002) menunjukkan, sedikit penelitian terapan menunjukkan hubungan
antara besarnya punishment dan kemanjuran intervensi, dan menghasilkan hasil
konsisten yang kadang-kadang bertentangan dengan dasar temuan (misalnya, Cole,
Montgomery, Wilson, & Milan, 2000; Singh, Dawson, & Manning, 1981;
Williams, Kirkpatrick-Sanchez, & Iwata, 1993). Ketika memilih besarnya stimulus
punishment, maka praktisi harus bertanya: Apakah jumlah stimulus punishment
dapat menekan kejadian perilaku bermasalah? Lerman dan Vorndran (2002)
merekomendasikan: stimulus punishment harus cukup intensif dalam aplikasi yang
efektif, tidak boleh lebih intens dari yang diperlukan. Sampai diterapkan lebih
dari besarnya dilakukan, praktisi harus memilih yang telah terbukti aman dan
efektif dalam studi klinis, selama dapat diterima dan dianggap praktis dalam
menerapkan intervensi, (hal. 443)
c.
Jadwal
Efek
bersifat menekan punisher dimaksimalkan oleh jadwal kontinyu punishment (FR 1)
di mana setiap terjadinya perilaku yang diikuti oleh konsekuensi punishment.
Secara umum, semakin besar proporsi respon yang diikuti oleh punisher, semakin
besar penurunan respon (Azrin, Holz, & Hake, 1963; Zimmerman & Ferster,
1962). Azrin dan Holz (1966) meringkas efek perbandingan punishment pada jadwal
kontinyu dan berjeda, sebagai berikut:
punishment
secara kontinyu penekanannya dianggap lebih daripada punishment berjeda selama
yang menghukum mempertahankan kontingensi. Namun, setelah kontingensi
punishment dihentikan, punishment terus menerus memungkinkan pemulihan yang
lebih cepat terhadap respon, mungkin karena tidak adanya punishment dapat lebih
cepat didiskriminasikan, (hal. 415)
d.
Reinforcement
untuk Perilaku Sasaran
Efektivitas,
punishment dimodulasi oleh rekontinjensi reinforcement mempertahankan.
Masalahnya menjadi perilaku. Jika masalah perilaku ini terjadi pada frekuensi
yang cukup menimbulkan kekhawatiran, itu mungkin menghasilkan reinforcement.
Jika respon sasaran tidak pernah diperkuat, maka " punishment hampir
mungkin karena respon jarang akan terjadi" (Azrin & Holz, 1966, p.
433). Sampai-sampai penguatan mempertahankan perilaku bermasalah dapat
dikurangi atau dihilangkan, menghukum akan lebih efektif. Tentu saja, jika
semua memperkuat untuk masalah perilaku dirahasiakan, jadwal kepunahan yang
dihasilkan akan menghasilkan pengurangan independen perilaku kehadiran
kontingensi punishment.
e. Penguatan
untuk Perilau Alternatif
Holz,
Azrin, dan Ayllon (1963) menemukan bahwa punishment tidak efektif dalam
mengurangi perilaku psikotik ketika perilaku itu satu-satunya sarana yang
pasien Namun, ketika pasien bisa memancarkan. respon alternatif yang
mengakibatkan penguatan, punishment efektif dalam mengurangi perilaku mereka.
Menyimpulkan laboratorium dan studi terapan yang telah melaporkan temuan yang
sama, Millenson (1967) menyatakan:
Jika
punishment digunakan dalam upaya untuk menghilangkan perilaku tertentu, maka
penguatan apa pun perilaku yang tidak diinginkan telah menyebabkan harus dibuat
tersedia melalui perilaku yang lebih diinginkan. Hanya menghukum anak untuk
"perilaku" di kelas mungkin memiliki sedikit permanent efek .... ini
memperkuat "perilaku" harus dianalisis dan pencapaian Memperkuat
tersebut Barangkali diizinkan melalui respon yang berbeda, atau dalam situasi
lain ... . Tapi untuk hal ini terjadi, tampaknya penting untuk memberikan
alternatif dihargai dengan respon dihukum, (hal. 429)
7.
Kemungkinan
Efek Samping dan Masalah dengan Penggunaan Punishment
a. Reaksi
Agresif dan Emosional
Punishment
kadang-kadang membangkitkan reaksi emosional dan agresif yang dapat melibatkan
kombinasi dari responden dan perilaku operant terkondisi. Punishment, punishment
positif terutama dalam bentuk permusuhan, mungkin menimbulkan perilaku agresif
dengan responden dan komponen operant (Azrin & Holz, 1966).
b. Melarikan
Diri dan Penghindaran
Melarikan
diri dan penghindaran adalah reaksi alami untuk rangsangan. Melarikan diri dan
perilaku menghindar mengambil berbagai bentuk, beberapa di antaranya mungkin
menjadi masalah lebih besar dari perilaku sasaran dihukum. Sebagai contoh,
dalam sebuah studi mengevaluasi efektivitas dirancang khusus pemegang rokok
yang disampaikan sengatan listrik kepada pengguna ketika dibuka sebagai
intervensi untuk mengurangi merokok, Powell dan Azrin (1968) menemukan bahwa
"Sebagai intensitas punishment meningkat, durasi berkerut yang "mata
pelajaran akan tetap berhubungan dengan kontinjensi, pada akhirnya, intensitas
dicapai di mana mereka menolak untuk mengalami hal itu sama sekali" (hal.
69). Melarikan diri dan menghindari efek samping sebagai punishment, seperti
reaksi emosional dan agresif, untuk menghindari pengiriman punishment dan
memberikan penguatan.
c. Punishment
Libatkan Modelling yang tidak Diinginkan
Sebagian
besar pembaca sudah familiar dengan contoh orang tua yang sementara memukul
anak, mengatakan, "Ini akan mengajarkan Anda untuk tidak memukul teman
bermain Anda!" Sayangnya, anak mungkin lebih cenderung untuk meniru
tindakan orang tua, bukan parkata. Meskipun ini taktik untuk melakukan
perubahan perilaku.
d. Penguatan
Negatif dari Perilaku Agen Menghukum
Penguatan
negatif dapat menjadi alasan untuk lebarPenggunaan penyebaran (terlalu sering
tidak efektif dan tidak perlu) dan ketergantungan pada (kebanyakan sesat) punishment
di belakang anak, pendidikan, dan masyarakat. Ketika si A memberikan teguran
atau konsekuensi permusuhan lainnya ke si B untuk nakal, efek langsung sering
penghentian perilaku mengganggu, yang berfungsi sebagai kendali negatif
penegakan hukum untuk perilaku Orang A. Atau, seperti Ellen Reese (1966),
begitu ringkas, " punishment memperkuat Punisher" (hal. 37). Alber
dan Heward (2000) menggambarkan bagaimana kontinjensi alami di tempat kerja di
kelas bisa memperkuat penggunaan guru dari teguran untuk perilaku mengganggu
sementara penggunaan nya contingent pujian dan perhatian untuk perilaku yang
tepat. Meskipun teguran mungkin tidak efektif dalam menekan frekuensi perilaku
masa depan, efek langsung menghentikan perilaku menjengkelkan adalah kekuatan
penguatan ful yang meningkatkan frekuensi yang guru akan mengeluarkan teguran
saat berhadapan dengan perilaku.
8.
Kelemahan dari Stimulus Aversif
Kelemahan dari stimulus
aversif jauh lebih besar dibandingkan dengan keuntungan langsung dari stimulus
aversif. Berikut keterbatasan prosedur tersebut sehingga membuat guru harus
berhenti dan mempertimbangkan kehati-hatian sebelum memilih menggunakan
aversif:
a. Dalam
menghadapi punisher negatif, siswa memiliki tiga perilaku pilihan:
1)
Siswa dapat mogok
kembali (misalnya, bertariak pada guru atau bahkan agresif secara fisik).
Reaksi dapat memicu keinginan yang mengakibatkan memperluas kondisi.
2)
Siswa mungkin menjadi
kemunduran, mungkin menghilangkan punisher, dan ditinggal menghilang untuk
istirahat beberapa hari, sehingga tidak belajar apapun.
3)
Siswa terlibat dalam
perilaku melarikan diri dan menghindar. Sekali siswa meninggalkan kelas,
punisher di kelas tidak memberikan pengaruh langsung.
b. Kita
tahu bahwa bentuk paling dasar dan kuat dari instruksi dan pembelajaran terjadi
melalui modeling atau imitasi. Karena guru menjadi sosok yang dihormati dan
mempunyai otoritas, maka perilakunya sering diamati oleh siswa. Reaksi gruu
menjadi model perilaku dewasa untuk berbagai situasi. Guru yang berteriak dan
memukul pada dasarnya, mengatakan kepada siswa bagaimana orang dewasa bereaksi
dan berupaya terhadap perilaku yang tidak diinginkan di lingkungan. Siswa dapat
berpikir sebagai model, belajar yang tidak pantas, sebagi bentuk agresif dari
perilaku. Sebagaimana dicatat oleh Sobsey (1990) punishment, hasil agresi
induksi pada perilaku yang tidak tepat dan dapat membahayakan individu dan
target agresinya.
c. Kecuali
siswa diajarkan memahami perilaku yang dipunish, mereka mungkin akan menjadi
takut dan menghindari gruu atau seluruh pengaturan dimana punishment itu
terjadi. Mempertimbangkan:
1) Guru
kelas empat yang menyentak ketika siswanya berjalan kedepan dan kebelakang
diantara deretan meja. Dia adalah slapper.
2) Gadis
kecil disebuah lembaga yang tiba-tiba tidak akan tidur dikamar dimalam hari.
Dia menangis dan menjerit sampai dibawa keluar dari aula. Dia menemukan bahwa
petugas telah membawanya kekamar dan memukul dia karena perilaku buruknya
disiang hari.
d. Banyak
interaksi dimana guru menganggap punisher berfungsi sebagai reinforcer positif.
Anak mungkin menemukan membuat seorang remaja kehilangan kontrol dan terlihat
menggelikan, sangat mereinforcement.
Dampak dari penggunaan
PAC berkaitan dengan kesesuaian digunakan dalam program-program pendidikan,
khususnya sebagai berikut (Schloss dan Smith, 1994):
a. PAC
tidak menyenangkan bagi guru dan siswa. Penggunaan PAC dalam pendidikan
mengurangi daya tarik terhadap
pengaturan pendidikan bagi semua pihak.
b. Konsekuensi
dari aspek tidak menyenangkan dari PAC, siswa (dan mungkin guru) termotivasi
untuk menghindari pengaturan dimana dia berada. Hal ini mungkin menyebabkan
pembolosan, dikeluarkan, dan tidak menghiraukan profesional.
c. PAC
menghasilkan emosional negatif yang lebih tinggi. Siswa yang menerima stimulus
berbahaya cenderung merespon dengan tingkat cemas, agresif, atau depresi yang
lebih tinggi.
d. Pengaruh
PAC bersifat sementara. Meskipun siswa merespon secara langsung terhadap
ancaman dari stimulus aversif (misalnya, guru yang data ke kelas), mereka
mungkin berusaha untuk mengganggu ketika kondisi PAC tidak dihadirkan
(misalnya, dikamar kecil atau pulang sekolah).
e. Dampak
PAC sangat spesifik. Dampak PAC tidak dapat digeneralisasikan untuk merespon
yang terkait.
f. Profesional
dapat termotivasi untuk sering-sering menggunakan PAC, ketika efektif dalam
mengurangi perilaku secara cepat terhadap respon yang mengganggu.
g. PAC
tidak efektif, bagi siswa yang memiliki gangguan perilaku yang parah. Siswa
yang dihadapkan ada aversif yang ekstrim pada saat dirumah, mengakibatkan PAC
yang diterapkan disekolah gagal untuk mengurangi perilaku yang mengganggu,
sebab tidak dapat dipandang sebagai tidak menyenangkan.
h. PAC
tidak termasuk komponen pendidikan. Siswa dapat belajar untuk menghindari
punisher atau punishment, tetapi gagal untuk belajar respon prososial.
Penggunaan konsekuensi
aversif hanya sebagai pilihan akhir. Program PAC harus dikembangkan melalui
perencanaan yang matang dan dilaksanakan setelah ditinjau secara menyeluruh
oleh tim multidisiplin. Program ini harus dipantau secara hati-hati dengan memperhatikan
secara seksama, mengenai efek langsung dan efek samping.
9.
Memaksimalkan
keefektifan PAC
Gardner (1977)
mengidentifikasi prinsip-prinsip yang mempengaruhi keefektifan prosedur PAC,
yaitu:
a. Menggunakan
PAC secara jarang dan dikombinasikan dengan prosedur differential
reinforcement.
b. Menentukan
kondisi terlebih dahulu dimana PAC akan diterapkan serta mendefinisikan dengan
tepat mengenai perilaku sasaran.
c. Mengajarkan
siswa aturan punishment dan konsekuensi, di awal.
d. Mengidentifikasi
perliaku alternatif yang diharapkan dapat menggantikan perilaku yang kurangi
menggunakan PAC dihubungkan dengan mengajarkan dan differential reonforcement.
e. Memastikan
siswa menyadari perilaku yang akan menghasilkan konsekuensi aversif dan
perilaku prososial yang akan direinforce secara berbeda.
f. Menerapkan
PAC secara konsisten dan segera.
g. Dihubungkan
dengan keadaan yang akan diberikan PAC (misalnya, kamu terlambat ke tempat olah
raga. Menurut aturan kami, kamu harus berlari lima putaran mengelilingi tempat
olah raga, pulang sekolah).
h. Menghadirkan
konsekuensi aversif pada tingkat yang diharapkan akan segera efektif.
Menyajikan PAC pada intensitas yang lebih rendah dan secara berangsur-angsur
meningkatkan kekuatan dapat mengakibatkan siswa dapat menyesuaikan diri pada
kondisi yang berbahaya secara progresif.
i. Memastikan
bahwa peristiwa aversif yang tidak diinginkan cukup untuk mengimbangi
konsekuensi yang diinginkan sebagai hasil dari perilaku yang mengganggu.
j. Menghindari
mengancam atau memperingatkan siswa dalam menggunakan PAC. Menerapkan secara
konsisten dan segera membuat siswa cukup menyadari tentang prosedur program.
k. Memonitor
antara perilaku yang ditargetkan dan perilaku yang mengiringi untuk memastikan
tercapainya dampak yang diinginkan. Ingat bahwa manfaat yang dihasilkan
prosedur harus lebih besar dibandingkan efek negatif.
l. Menghindari
pelarian yang tidak dikendaki dari peristiwa aversif (misalnya, emosional yang
meledak-ledak).
m. Menghentikan
prosedur PAC jika hasilnya tidak menunjukkan suatu hubungan, segera setelah
diterapkan.
n. Jika
dampak pengurangan hanya pada saat punishment, prosedur harus digunakan pada
situasi yang relevan, lainnya.
o. Tahap
prosedur PAC dalam pengaturan pendidikan
Kesesuaian PAC untuk
masalah perilaku terletak pada hasil analisis prebaseline dan pembelajaran
lingkungan.
10.
Contoh
Intervensi Punishment Positif
Bentuk intervensi punishment
positif yaitu teguran, respon blocking, latihan kontijensi, overcorrection, dan
stimulasi listrik kontingen.
a. Teguran
Pemberin
teguran secara lisan sesaat setelah terjadinya perilaku adalah bentuk paling
umum dari punishment positif.
Sejumlah studi menunjukkan bahwa teguran seperti ‘tidak!’, ‘stop, jangan
lakukan itu!’ segera dilakukan setelah munculnya suatu perilaku dapat menekan
kemungkinan munculnya kembali perilaku tersebut di masa depan. Meskipun masih
sedikit studi yang mempelajari efektifitas teguran sebagai punisher, dalam
upaya meredam munculnya perilaku yang tidak diinginkan. Perintah atau teguran yang diberikan sekali
efeknya akan lebih terasa daripada yang dilakukan berulang kali, efek dari
teguran itu sendiri tidak terlalu efektif. Teguran harus dipakai sehemat
mungkin dan dikombinasikan dengan pujian dan perhatian sesuai dengan perilku
yang diperlihatkan.
b. Respon
Blocking
Respon
blocking dilakukan ketika seseorang mulai memperlihatkan perilaku yang
bermasalah, respon blocking terbukti efektif dan mampu mengurangi frekuensi
masalah perilaku seperti kekerasan fisik (menusuk mata, mencubit, dll). Selain
mencegah perilaku yang tidak diinginkan, terapis mungkin melakukan teguran
secara lisan atau dukungan untuk berhenti pada perilaku tertentu.
c. Latihan
Kontijensi
Latihan
kontijensi dianggap efektif sebagai hukuman untuk berbagai self-stimulasi,
stereotip, mengganggu, agresif dan perilaku yang merugikan diri sendiri. Luce,
Delquadri dan Hall menemukan bahwa pengulangan latihan kontijensi pada dua
orang anak laki-laki dengan cacat berat berkurang hingga level nol. Ben (7
tahun) sering memukul anak-anak lain di sekolah, saat Ben memukul, ia diminta
berdiri dan duduk 10 kali. Setiap kali pemukulan terjadi orang dewasa
terdekatnya hanya berkata “Ben, tidak boleh memukul, berdiri dan duduk 10 kali’
dan awalnya dibantu oleh asisten, lama kelamaan Ben hanya membutuhkan petunjuk
verbal saja.
d. Stimulasi
Listrik Kontingen
Stimulasi listrik kontingen sebagai hukuman
melibatkan penyajian
stimulus listrik sesegera setelah terjadinya
masalah perilaku. Meskipun penggunaan stimulasi listrik sebagai pengobatan,
kontroversial dan menimbulkan pendapat yang kuat, Duker dan Seys (1996)
melaporkan bahwa 46 penelitian telah menunjukkan bahwa stimulasi listrik
kontingen dapat menjadi aman dan metode
yang efektif untuk menekan dan mengancam nyawa perilaku yang merugikan diri
sendiri.
e.
Overcorrection
(Koreksi yang berlebihan karena takut membuat kesalahan)
Overcorrection
dikembangkan sebagai prosedur pengurangan perilaku, meliputi pelatihan perilaku
yang sesuai. Prosedur overcorrection kedepan dianggap edukatif. Tujuannya
mengajarkan siswa untuk mengambil tanggungjawab atas tindakan mereka yang tidak
pantas dan mengajarkan mereka perilaku yang sesuai. Perilaku yang benar
diajarkan melalui pengalaman yang berlebihan. Karakteristik pengalaman yang
berlebihan dari overcorrection bertolak belakang dengan prosedur correction
yang sederhana dimana siswa memperbaiki perilaku yang keliru, tetapi tidak
selalu dibutuhkan untuk melakukan praktek yang berlebihan atau diperpanjang
guna perilaku yang tepat. Ada dua
tipe dari prosedur overcorrection, yaitu restitutional overcorrection yang
digunakan ketika keadaan terganggu oleh perilaku salah satu siswa. Siswa harus
overcorrect keadaanya atau gangguannya. Positive practice overcorrection
digunakan ketika bentuk perilakunya tidak tepat. Dalam prosedur ini, siswa
mempraktekkan bentuk pembenaran yang berlebihan untuk perilaku yang tepat. Prosedur overcorrection harus memiliki
karakteristik sebagai berikut:
1)
Konsekuensi (perilaku)
yang diberikan kepada siswa yang langsung berkaitan dengan perilaku tersebut.
Ini harus mengurangi kemungkinan digunakan secara sewenang-wenang dan harus
mencegah terjadinya respon yang tidak pantas.
2)
Siswa harus terlibat
langsung dengan usaha yang biasanya diberikan kepada orang lain untuk
memperbaiki perilaku yang tidak pantas.
3)
Overcorrection harus
dibentuk segera setelah perilaku yang tidak pantas.
4)
Siswa yang melakukan
overcorrection harus bertindak secara cepat sehingga konsekuensi merupakan
syarat upaya penghambat.
5)
Siswa diinstruksikan
dan dipandu secara manual melalui tindakan yang diperlukan, dengan jumlah
bimbingan yang disesuaikan dengan kejadian demi kejadian menurut sejauh mana
siswa secara sukarela melakukan tindakan tersebut.
Keberhasilan penggunaan overcorrection telah
dibuktikan dengan menggunakan berbagai durasi. Jangka waktu overcorrection
berlangsung selama 30 detik atau satu menit selama dua jam, tergantung pada
perilaku yang ditunjukkan. Keberhasilan mengurangi gerakan tangan stereotip telah
dilaporkan setelah siswa terlibat dalam
prosedur overcorrection selama 2,5 menit serta 5 menit. Carey dan Bucher (1985)
mencatat bahwa jangka waktu yang lebih pendek menghasilkan kebih sedikit efek
samping negatif, seperti egresi.
1)
Restitutional
Overcorrection
Prosedur
restitutional overcorrection mengharuskan siswa memulihkan atau memperbaiki
lingkungan yang telah diganggu, bukan hanya ke kondisi aslinya, tetapi diluar
kondisi tersebut. Contoh, ketika guru menemukan siswa yang melemparkan spitball
(kertas yang digulung menjadi bola kemudian dibuang dengan dilempar), guru menugaskan
correction yang sederhana, dia mengatakan, “Michael ambil itu dan buang
ditempat sampah dan sekarang ambil semua kertas yang ada dilantai.”
Bentuk
memperbaiki lingkungan digunakan oelh Azrin dan Foxx (1971) sebagai bagian dari
program toilet training. Ketika seorang siswa mengalami tertimpa musibah, dia
harus menanggalkan pakaian, mencuci pakaian, menggantung pakaian supaya kering,
mandi, memperoleh pakaian bersih, kemudian membersihkan tempat yang kotor di
kamar kecil. Berbagai macam tugas oleh Azrin dan Wesolowski (1974) ketika
menyingkirkan pencuri, mereka membutuhkan pencuri untuk kembali bukan hanya
untuk barang curian, tetapi juga barang lain yang telah dicuri. Tinjauan
penelitian oleh Rusch dan Close (1976) menunjukkan teknik restitutional
overcorrection untuk mengurangi perilaku yang mengganggu dikelas:
a)
Kasus dimana objek yang
terganggu atau disusun ulang, semua objek (seperti furnitur) yang ada di tempat
yang menyebabkan gangguan, diluruskan, bukan hanya benda yang awalnya
terganggu.
b)
Kasus dimana seseorang
terganggu atau takut pada orang lain, semua orang menyampaikan pemintaan maaf,
bukan hanya karena mereka terganggu atau takut.
c)
Kasus infeksi mulut,
dengan membersihkan mulut secara menyeluruh menggunakan atiseptik memahami
kontak mulut yang tidak higienis seperti menggigit orang atau mengunyah benda
yang telah dimakan.
d)
Kasus agitasi
(menghasut orang lain), yang seharusnya diam diberlakukan, justru memicu
kegaduhan, seperti menjerit-jerit dan berteriak-teriak.
2)
Positive-practice
overcorrection
Dengan
positive-practice overcorrection, siswa yang terlibat dalam perilaku yang tidak
pantas diminta untuk terlibat secara berlebihan atau praktek yang benar dari
perilaku yang tepat. Contoh, jika kelas berbaris untuk istirahat, guru meminta
semuanya untuk duduk kembali dan berbaris lagi merupakan penggunaan koreksi
yang sederhana. Guru yang membuat semua orang duduk kembali dan kemudian
berlatih sejalan dengan membawakan peran untuk melakukannya dengan cara yang
benar adalah penggunaan positive-practice overcorrection. Untuk memastikan
sifat edukatif yang dimaksud dari prosedur ini, latihan harus menjadi
alternatif perilaku yang tepat, secara rinci mirip dengan perilaku yang tidak
pantas. Foxx dan Azrin (1973) dan Azrin, Kaplan, dan Fox (1973) menggunakan
prosedur ini untuk mengubah perilaku stereotip anak autis. Selain itu,
digunakan untuk perilaku yang tidak tepat lainnya seperti perilaku stereotip,
agresi, dan merusak diri sendiri, positive-practice berhasil mengatasi berbagai
perilaku akademik. Untuk meningkatkan prestasi membaca siswa dengan membuat
kekeliruan dari yang diajarkan, siswa mendengaran kata-kata yang dibacakan oleh
guru secara benar, sambil memperhatikan kata-kata yang ada dibuku. Siswa
kemudian mengatakan lima kata secara benar dan membaca ulang kalimat tersebut.
Siswa yang membenarkan ejaan yang keliru diminta untuk mendengarkan kata yang
diucapkan, kata yang diucapkan secara benar, dikatakan dengan keras dan menulis
kata dengan benar. positive-practice juga telah digunakan dalam menulis miring
dan komunikasi manual. Dalam meninjau remidiasi akademik dan menggunakan
overcorrection, Lenz, dkk (1991) menyarankan prosedur overcorrection digunakan
untuk remidiasi akademik dinamakan “latihan diarahkan” karena mereka menemukan
prosedur yang tidak benar-benar memenuhi kriteria yang ditetapkan Foxx dan
Bechtel (1982) (contoh, menggunakan bimbingan dan anjuran secara manual) dan
komponen utama dari latihan dan perhatian diarahkan ke tugas belajar.
Prosedur
overcorrection jangan diterapkan sendiri sebagai mereinforcement secara
positif. Tambahan, kualitas keaversifan dalam penggunaan, restitutional atau
positive-practice overcorrection procedure digunakan meliputi
a)
Mengatakan kepada siswa
mengenai perilakunya yang tidak sesuai
b)
Menghentikan aktifitas
yang sedang dilakukan siswa secara terus menerus
c)
Menyediakan intruksi
verbal secara sistematik untuk kegiatan overcorrection yang mana melibatkan
siswa.
Sebelum
menggunakan prosedur overcorrection, guru harus mempertimbangkan:
a)
Pelaksanaan
overcorrection memerlukan perhatian penuh dari guru. Guru secara fisik, dekat
dengan siswa untuk memastikan bahwa siswa memenuhi intruksi overcorrection dan
siap untuk mengintervensi bimbingan secara fisik, jika diperlukan.
b)
Prosedur overcorrection
cenderung memakan waktu, kadang-kadang berlangsung 5 sampai 15 menit dan
mungkin lebih lama. Baru-baru ini, penelitian menyarankan bagaimanapun
penerapan durasi pendek setidaknya lebih efektif dari pada durasi yang panjang
dalam membantu mengubah perilaku, terutama ketika perilaku alternatif lebih
menekankan edukatif daripada prosedur yang berpotensi punishment.
c)
Karena kontak fisik
dengan siswa yang terlibat dalam penggunaan overcorrection, guru harus
menyadari kemungkinan keagresian siswa atau upaya untuk melarikan diri dan
menghindari situasi aversive.
d)
Selama jangka waktu
overcorrection, siswa dapat menjadi lebih distruktif saat guru tidak bisa
membimbingnya dengan menggunakan prosedur overcorrection.
e)
Karena overcorrection
sering melibatkan bimbingan fisik untuk memperpanjang jangka waktu, ini mungkin
merupakan prosedur yang sangat aversif bagi dewasa dalam
mengimplementasikannya.
f)
Jika siswa direinforce
untuk respon yang benar selama positive-practice, mereka mungkin berperilaku
yang tidak pantas untuk menunjukkan cara dan menerima reinforcer. Ini mungkin
tidak akan sering terjadi dan menggunakan reinforcement secara umum, tentu saja
lebih baik. Membandingkan positive-practice dengan dan tanpa mereinforcement
respon yang benar. Carey dan Bucher (1986) menemukan pengunaan tanpa
reinforcement “menunjukkan tidak ada keuntungan lebih, variasi reinforce dan
mengakibatkan kejadian yang lebih besar sebagai efek samping yang tidak diinginkan
seperti agresi dan emosi.
Overcorrection dapat memberikan konsekuensi eversif
di kelas. Penting untuk diingat bahwa prosedur overcorrection, meskipun
memiliki beberapa keistimewaan aversif, harus digunakan bukan sebagai membalas,
tetapi alat edukatif. Membuat perbedaan nada dan cara guru dalam menerapkan
prosedur yang dapat diterima oleh siswa. Guru yang menggunakan marah atau nada
suara yang mendesak atau kekuatan yang tidak diperlukan ketika membimbing siswa
melalui prosedur overcorrection dapat meningkatkan kemungkinan perlawanan.
Ketegasan tanpa agresi adalah tujuannya. Kadang-kadang, dua prosedur yang
menghasilkan pengurangan perilaku dapat salah diidentifikasikan sebagai bentuk
overcorrection atau bingung dengan prosedur tersebut. Pendekatan lain yang
digunakan adalah negative practice dan stimulus satiation. Kebingungan dapat
terjadi karena, seperti dalam overcorrection, prosedur ini melibatkan adanya
pengalaman yang berlebihan.
Negative
practice mengharuskan siswa melakukan perilaku yang tidak pantas berulang kali.
Prosedur ini didasarkan pada asumsi bahwa mengulangi perbuatan akan menyebabkan
kelelahan atau kejenuhan. Sebagai contoh,
perilaku tidak pantas yang dilakukan siswa adalah berjalan diruangan selama
pelajaran, positive-practice mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk duduk
dikursi manapun, sedangkan negative-practice menyuruh siswa untuk berlari dan
berlari dan berlari. Negative practice telah digunakan untuk mengurangi
perilaku motorik yang kecil. Bebrapa penelitian melaporkan penggunaan prosedur
ini. Yang telah diterbitkan untuk mengatasi masalah merokok, menyeringai dan
gerakan tubuh yang tidak biasa dilakukan oleh anak-anak dengan cerebral palsy
ketika berbicara, dan perilaku yang merugikan diri sendiri.
Negative practice tergantung
pada kelelahan dalam merespon atau kejenuhan. Stimulus satiation, disisi
lain, tergantung pada siswa terpuaskan dengan perilaku yang mendahului
(anteseden). Ayllon (1963) penggunaan stimulus satiation kepada individu yang
ditimbun dengan sejumlah handuk dan menaruhnya dikamar rumah sakit jiwa. Dalam
rangka untuk mengurangi perilaku penimbunan ini, perawat mengambil handuk untuk
diberikan pada wanita ketika berada dikamarnya dan hanya menyerahkan, tanpa
berkomentar. Minggu pertama, rata-rata dia diberi 7 handuk sehari, minggu
ketiga mungkin meningkat menjadi 60 handuk. Ketika handuk yang disimpan
dikamarnya menjadi 625 handuk, perawat mulai mengeluarkan beberapa. Setelah itu
tidak ada lagi handuk yang diberikan kepadanya, selama 12 bulan ke depan,
rata-rata jumlah handuk yan ditemukan dikamarnya yaitu 1 sampai 5 handuk per
minggu, dibandingkan dengan rentangan 13-29.
asw. pak boleh minta sumbernya??
BalasHapusPak boleh minta sumbernya?
Hapusasw. pak boleh minta sumbernya? terimakasih
Hapus