Jumat, 11 April 2014

RENCANA PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING (RPBK)



RPBK
(RENCANA PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING)
1.    Identitas :
a.    Sekolah                                 : SMP X
b.    Kelas/Semester                     : X/II
c.    Bidang Bimbingan                : Bidang Pribadi Sosial
d.   Topic/Pokok Bahasan           : Membiasakan hidup ulet, hemat, kerja keras dan  
  Kompetetif dalam kehidupan sehari-hari
e.    Waktu Pelaksanaan               : 1x45 Menit
f.     Aspek Pengembangan          : Perilaku Kewirausahaan (Kemandirian Perilaku Ekonom)
2.    Tujuan Kegiatan                      : Siswa memahami pentingnya berperilaku hemat,
  Kerja keras, ulet, dan kompetetif dalam kehidupan.
3.    Nilai Karakter Bangsa                        : Kerja Keras
4.    Materi                                       : Kerja keras, Tekun dan Ulet, serta Teliti
5.    Uraian Kegiatan                                  :
Tahap
Uraian Kegiatan
Waktu


Pembukaan
Ø Salam, Ceking absensi siswa, Membina hubungan baik


10 Menit
Ø Mengisi jurnal kelas
Ø Tanya jawab tentang hidup hemat, kerja keras, ulet dan teliti
Ø Menyampaikan tujuan yang akan dilaksanakan







Kegiatan Inti
Ø Siswa dibagi berkelompok






30 Menit
Ø Member penjelasan pada masing-masing kelompok tentang peraturan diskusi kelompok
Ø Mencermati langkah-langkah dan aturan diskusi kelompok
Ø Menjelaskan tugas yang harus dikerjakan pada masing-masing kelompok untuk membahas:
·      Hidup hemat
·      Kerja keras
·      Ulet
·      Teliti
Ø Presentasi hasil diskusi oleh masing-masing kelompok
Ø Konselor menyimpulkan hasil diskusi



Peutup
Ø Konselor membacakan hasil diskusi kelas


5 Menit
Ø Evaluasi
Ø Refleksi hasil
Ø Salam Penutup

6.    Metode                                     : Ceramah, Tanya jawab, Presentasi, dan diskusi kelompok
7.    Media/Alat                                : Pengaturan tempat duduk, Buku, LCD, Laptop dll
8.    Evaluasi :
a.    Evaluasi Hasil
1)   Laiseg                   : Diukur dengan menggunakan lembar refleksi diri partisipasi
  dalam mengikuti layanan.
2)   Laijapen               : Diukur dengan menggunakan lembar observasi terhadap siswa.
3)   Laijapang                         : Diukur dengan hasil observasi pada siswa terhadap tingkah laku
  anak.
b.    Evaluasi Proses
Mengadakan pengamatan selama proses kegiatan berlangsung, aspek-aspek yang diamati antara lain :
1)   Partisipasi siswa dalam berdiskusi.
2)   Sikap menghargai teman.
3)   Penyelesaian tugas refleksi diri.
9.    Refleksi Diri                             : Instrumen kerja keras, ulet, teliti dan hemat
10.     Pedoman Observasi              :
Nama Siswa                :……………………………….
Hari/Tanggal               :……………………………….
Observer                      : Konselor
No.
Item
Ya
Tidak
1
Sabar dalam melaksanakan perintah guru


2
Tidak mudah putus asa


3
Tidak terburu-buru dalam melakukan sesuatu


4
Tidak boros dalam belanja


5
Fokus ketika mengerjakan sesuatu



11.     Rubrik Evaluasi :
a.    Evaluasi Hasil
Siswa dikatan berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik apabila:
1)   Perilaku siswa disekolah menunjukan kerja keras, teliti, ulet dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.
2)   Perilaku siswa disekolah menunjukan kerja keras, teliti, ulet dalam menjalan tata tertib sekolah.
12.     Sumber                                   : Buku Pedoman Bimbingan dan Konseling
13.     Anggaran                               : Rp. 10.000,- (untuk membeli kertas dan fotocopy
  Instrument)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar