RPBK
(RENCANA
PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING)
1.
Identitas
:
a. Sekolah
: SMP X
b. Kelas/Semester : X/II
c. Bidang
Bimbingan : Bidang Pribadi
Sosial
d. Topic/Pokok
Bahasan : Membiasakan hidup
ulet, hemat, kerja keras dan
Kompetetif dalam kehidupan sehari-hari
e. Waktu
Pelaksanaan : 1x45 Menit
f. Aspek
Pengembangan : Perilaku
Kewirausahaan (Kemandirian Perilaku Ekonom)
2.
Tujuan
Kegiatan : Siswa memahami pentingnya
berperilaku hemat,
Kerja keras, ulet, dan kompetetif dalam kehidupan.
3.
Nilai
Karakter Bangsa : Kerja Keras
4.
Materi : Kerja keras, Tekun dan Ulet, serta
Teliti
5.
Uraian
Kegiatan :
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Pembukaan
|
Ø Salam,
Ceking absensi siswa, Membina hubungan baik
|
10
Menit
|
Ø Mengisi
jurnal kelas
|
||
Ø Tanya
jawab tentang hidup hemat, kerja keras, ulet dan teliti
|
||
Ø Menyampaikan
tujuan yang akan dilaksanakan
|
||
|
||
Kegiatan Inti
|
Ø Siswa
dibagi berkelompok
|
30
Menit
|
Ø Member
penjelasan pada masing-masing kelompok tentang peraturan diskusi kelompok
|
||
Ø Mencermati
langkah-langkah dan aturan diskusi kelompok
|
||
Ø Menjelaskan
tugas yang harus dikerjakan pada masing-masing kelompok untuk membahas:
·
Hidup hemat
·
Kerja keras
·
Ulet
·
Teliti
|
||
Ø Presentasi
hasil diskusi oleh masing-masing kelompok
|
||
Ø Konselor
menyimpulkan hasil diskusi
|
||
|
||
Peutup
|
Ø Konselor
membacakan hasil diskusi kelas
|
5
Menit
|
Ø Evaluasi
|
||
Ø Refleksi
hasil
|
||
Ø Salam
Penutup
|
6.
Metode
:
Ceramah, Tanya jawab, Presentasi, dan diskusi kelompok
7.
Media/Alat : Pengaturan tempat duduk, Buku, LCD, Laptop dll
8.
Evaluasi
:
a. Evaluasi
Hasil
1) Laiseg : Diukur dengan menggunakan
lembar refleksi diri partisipasi
dalam mengikuti layanan.
2) Laijapen
: Diukur dengan menggunakan
lembar observasi terhadap siswa.
3) Laijapang
: Diukur dengan
hasil observasi pada siswa terhadap tingkah laku
anak.
b. Evaluasi
Proses
Mengadakan pengamatan selama proses
kegiatan berlangsung, aspek-aspek yang diamati antara lain :
1) Partisipasi
siswa dalam berdiskusi.
2) Sikap
menghargai teman.
3) Penyelesaian
tugas refleksi diri.
9.
Refleksi
Diri : Instrumen kerja
keras, ulet, teliti dan hemat
10.
Pedoman
Observasi :
Nama
Siswa :……………………………….
Hari/Tanggal :……………………………….
Observer
: Konselor
No.
|
Item
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Sabar
dalam melaksanakan perintah guru
|
|
|
2
|
Tidak
mudah putus asa
|
|
|
3
|
Tidak
terburu-buru dalam melakukan sesuatu
|
|
|
4
|
Tidak
boros dalam belanja
|
|
|
5
|
Fokus
ketika mengerjakan sesuatu
|
|
|
11.
Rubrik
Evaluasi :
a. Evaluasi
Hasil
Siswa dikatan berhasil memperoleh
pengalaman belajar dengan baik apabila:
1) Perilaku
siswa disekolah menunjukan kerja keras, teliti, ulet dalam mengerjakan
tugas-tugas sekolah.
2) Perilaku
siswa disekolah menunjukan kerja keras, teliti, ulet dalam menjalan tata tertib
sekolah.
12.
Sumber
: Buku Pedoman
Bimbingan dan Konseling
13.
Anggaran
: Rp. 10.000,- (untuk
membeli kertas dan fotocopy
Instrument)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar