PENGEMBANGAN
INSTRUMEN KECERDASAN (INTELEGENSI)
A. Rasional
Inteligensi dapat diartikan ekspresi dari tingkat kemampuan individu pada saat
tertentu dalam hubungan dengan norma usia tertentu.
Menurut Alfred Binet intelegensi merupakan sisi tunggal dari karakteristik yang
terus berkembang sejalan dengan proses kematangan seseorang yang menggambarkan
intelegensi sebagai suatu yang fungsional, untuk melihat apakah seseorang cukup
intelegen atau tidak, dapat diamati dari cara dan kemampuannya untuk mengubah
dan melakukan suatu tindakan. Sedangkan menurut
Howard Gardner kecerdasan adalah kemampuan untuk
memecahkan dan menyelesaikan masalah dan menghasilkan produk mode yang
merupakan konsekuensi dalam suasana budaya atau masyarakat tertentu.
Berdasarkan pengertian dari para ahli di atas menunjukan bahwa setiap individu
memiliki intelegensi yang berbeda-beda yang dapat dilihat dan diukur
menggunakan instrument yang baku. Dalam hal ini saya mencoba mengembangkan
instrument kecerdasan tersebut dengan merujuk kepada sebuah teori Howard
Gardner yaitu teori Multiple Intelegence.
Howard Gardner dalam
bukunya The Theory of Multiple Intelegence mengusulkan Sembilan macam komponen
kecerdasan yang disebutnya dengan
Multiple Intelegence ( intelegensi ganda). Intelegensi ganda tersebut meliputi
:
1.
Kecerdasan Linguistik-Verbal
2.
Kecerdasan Logiko-Matematik
3.
Kecerdasan Spasial-Visual
4.
Kecerdasan Ritmik-Musik
5.
Kecerdasan Kinestetik
6.
Kecerdasan Interpersonal
7.
Kecerdasan Intrapersonal
8.
Kecerdasan Naturalis
9.
Kecerdasan Eksistensial
Mengingat banyaknya
komponen kecerdasan yang di sebutkan oleh Howard Gardner dan didukung dengan
latar belakang peserta didik disekolah yang berbeda-beda dan mempunyai
kecerdasan yang berbeda sudah seyogiyanya instrument kecerdasan dikembangkan
dengan kepentingan untuk memberikan sudut pandang baru terhadap kecerdasan
peserta didik dan mengidentifikasi kecerdasan secara universal, oleh karena itu
saya merasa perlu mengembangkan istrumen tersebut. Instrument yang akan
dikembangkan dalam hal ini adalah instrument kecerdasan Linguistik-Verbal,
Kecerdasan Logiko-Matematik dan Kecerdasan Spasial-Visual.
B. Tujuan Pengembangan
Tujuan dari pengembangan instrument kecerdasan adalah
1. Dengan
mengetahui potensi yang ada pada dirinya peserta didik mampu mengembangkan
potensi tersebut.
2. Membantu
peserta didik untuk mampu mengembangkan berbagai aspek dalam dirinya.
3. Membantu
peserta didik menggali dan mengenali kemampuan yang ada dalam dirinya.
4. Meningkatkan
rasa tanggung jawab dan disiplin terhadap potensi yang dimiliki perserta
didik..
5. Membantu
peserta didik dalam pemahaman dan penerimaan dirinya sendiri.
C. Karakteristik
1. Responden
Responden yang akan diberikan instrument kecerdasan
adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA).
2. Bentuk
Soal
Bentuk soal yang dikembangkan dalam tes kecerdasan
ini berupa tes pengetahuan dasar, tes pemahaman, tes aritmatika, tes logika
matematis, tes verbal dan tes gambar.
3. Ruang
Lingkup Penggunaan
Ruang lingkup penggunaan instrument ini adalah
pelajar SMA
D. Aspek yang Diukur
Aspek yang diukur dalam
instrument ini adalah merujuk kepada beberapa multiple intilegence yaitu Kecerdasan
Logiko-Matematik, kecerdasan Linguistik-Verbal, dan Kecerdasan Spasial-Visual.
E. Definisi Konseptual dan Operasional
Multiple Intelligence adalah teori kecerdasan majemuk yang
dipaparkan Prof. Howard Gardner. Multiple intelligence atau kecerdasan
majemuk pada dasarnya adalah sebuah konsep yang menunjukkan kepada kita bahwa
potensi anak-anak kita, khususnya jika dikaitkan dengan kecerdasan,ternyata
banyak sekali. Memahami multiple intelligence bukanlah untuk membuat anak-anak
kita menjadi hebat. Namun,konsep tersebut, paling tidak dapat membantu
kita untuk memahami bahwa anak-anak kita itu menyimpan potensi yang luar biasa.
Pengertian dari kecerdasan menurut Howard Gardner adalah
suatu kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang mempunyai
nilai budaya atau suatu kumpulan kemampuan atau ketrampilan yang dapat
ditumbuhkembangkan. Sedangkan multiple intelegence (kecerdasan majemuk) adalah
kecerdasan yang dimiliki oleh tiap individu lebih dari satu macam. Menurut
Howard Gardner setiap individu delapan jenis kecerdasan di dalam dirinya,yang
disebut kecerdasan majemuk (multiple intelligence).
Prestasi seseorang ditentukan juga oleh tingkat
kecerdasannya (Inteligensi). Walaupun mereka memiliki dorongan yang kuat untuk
berprestasi dan orang tuanya memberi kesempatan seluas-luasnya untuk
meningkatkan prestasinya, tetapi kecerdasan mereka yang terbatas tidak
memungkinkannya untuk mencapai keunggulan. Tingkat Kecerdasan (Intelegensi)
bawaan ditentukan baik oleh bakat bawaan (berdasarkan gen yang diturunkan dari
orang tuanya) maupun oleh faktor lingkungan (termasuk semua pengalaman dan pendidikan
yang pernah diperoleh seseorang; terutama tahun-tahun pertama dari kehidupan
mempunyai dampak kuat terhadap kecerdasan seseorang). Secara umum intelegensi
dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Kemampuan untuk berpikir abstrak
2. Untuk menangkap hubungan-hubungan
dan untuk belajar
3. Kemampuan untuk menyesuaikan diri
terhadap situasi-situasi baru
Konsep multiple intelligence diperkenalkan oleh Prof.
Howard Gardner, yaitu seorang psikolog dan profesor utama di Cognition and
Education, Harvard Graduate School of Education dan juga profesor di bidang
Neurologi, Boston University School of Medicine. Konsep ini memiliki esensi
bahwa setiap orang adalah unik, setiap orang perlu menyadari dan
mengembangkan ragam kecerdasan manusia dan kombinasi-kombinasinya. Setiap siswa
berbeda karena mempunyai kombinasi kecerdasan yang berlainan.
Konsep multiple intelligence menurut Gardner (1983) dalam
bukunya Frame or Mind : The Theory of Multiple Intelligences ada delapan jenis
kecerdasan yang dimiliki setiap individu. Delapan jenis kecerdasan ini,setiap
individu mengakses informasi yang akan masuk ke dalam dirinya.
Dalam bukunya, Thomas Amstrong (2002) juga menyebutkan kecerdasan tersebut
merupakan modalitas untuk melejitkan kemampuan tiap siswa dan menjadikan mereka
sebagai sang juara,karena pada dasarnya setiap anak cerdas. Kecerdasan
majemuk menurut Howard Gardner ada delapan macam,yaitu :
1.
Kecerdasan Linguistik-Verbal
Adalah kemampuan untuk berfikir
dalam bentuk kata-kata dan menggunakan bahasa untuk
mengekpresikan dan menghargai makna yang komplek, yang meliputi kemampuan
membaca, mendengar, menulis, dan berbicara.
2.
Kecerdasan Logiko-Matematik
Adalah kemampuan dalam
menghitung, mengukur dan mempertimbangkan proposisi dan hipotesis serta
menyelesaikan operasi-operasi matematika.
3.
Kecerdasan Spasial-Visual
Intelegensi Spasial-Visual
merupakan kemampuan yang memungkinkan memvisualisasikan infomasi dan
mensintesis data-data dan konsep-konsep ke dalam metavor visual atau gambar.
4.
Kecerdasan Ritmik-Musik
Intelegensi musik adalah
kecerdasan seseorang yang berhubungan dengan sensitivitas pada pola titik nada,
melodi, ritme, dan nada. Musik adalah bahasa pendengaran yang menggunakan tiga
komponen dasar yaitu intonasi suara, irama dan warna nada yang memakai system
symbol yang unik.
5.
Kecerdasan Kinestetik
Kinestetik adalah belajar
melalui tindakan dan pengalaman melalui panca indera. Intelegensi kinestetik
adalah kemampuan untuk menyatukan tubuh atau pikiran untuk menyempurnakan
pementasan fisik. Dalam kehidupan sehari-hari dapat diamati pada actor,atlet
atau penari, penemu, tukang emas, mekanik.
6.
Kecerdasan Interpersonal
Intelegensi interpersonal
adalah kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dengan orang lain dilihat
dari perbedaan, temperamen, motivasi, dan kemampuan.
7.
Kecerdasan Intrapersonal
Adalah kemampuan seseorang
untuk memahami diri sendiri dari keinginan, tujuan dan system emosional yang
muncul secara nyata pada pekerjaannya.
8.
Kecerdasan Naturalis
Adalah kemampuan untuk
mengenal flora dan fauna melakukan pemilahan-pemilahan utuh dalam dunia
kealaman dan menggunakan kemampuan ini secara produktif misalnya untuk berburu,
bertani, atau melakukan penelitian biologi.
9.
Kecerdasan Eksistensial
Kemampuan menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang untuk
menjawab persoalan – persoalan terdalam keberadaan atau eksistensi manusia.
Orang tidak puas hanya menerima keberadaannya secara otomatis, tetapi mencoba
menyadarinya dan mencari jawaban yang terdalam. Intelegensi ini tampaknya
sangat berkembang pada banyak filsuf, terlebih filsuf eksistensialis yang
selalu mempertanyakan dan mencoba menjawab persoalan eksistensi hidup manusia.
Klasifikasi Intelegensi Menurut Terman dan Merril
IQ
|
PERSENTASE
|
KLASIFIKASI
|
160 – 169
|
0,03
|
Sangat Superior
|
150 – 159
|
0,20
|
|
140 – 149
|
1,10
|
|
130 – 139
|
3,10
|
Superior
|
120 – 129
|
8,20
|
|
110 – 119
|
18,10
|
Rata-rata Tinggi
|
100 – 109
|
23,50
|
Rata-rata Normal
|
90 – 99
|
23,00
|
|
80 – 89
|
14,50
|
Rata-rata Rendah
|
70 – 79
|
5,60
|
Batas Lemah
|
60 – 69
|
2,00
|
Lemah Mental
|
50 – 59
|
ngan0,40
|
|
40 – 49
|
0,20
|
|
30 – 39
|
0,03
|
Rumus perhitungan intelegensi menurut Alfred Binet :
IQ
Keterangan :
MA : Mental Age (Usia Mental)
CA : Chronological Age ( Usia Kronologi)
100 : Angka
konstan
F.
Kisi-Kisi
Instrumen
Tabel
Kisi-Kisi Instrumen Kecerdasan
Variabel
|
Sub-Variabel
|
Jenis Soal
|
Item
|
1. Kecerdasan
|
1.1. Kecerdasan
Logiko-Matematik
|
1.1.1. Tes
I: Soal Berhitung Angka
1.1.2. Tes
II: Soal Deret Angka
|
1-25
26-35
|
TOTAL
ITEM KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK
|
35
|
||
1.2. Kecerdasan
Linguistik-Verbal
|
1.2.1. Tes
I: Soal Memilih Pasangan Kata
1.2.2. Tes
II: Soal Lawan Kata
|
36-55
56-75
|
|
TOTAL
ITEM KECERDASAN LINGUISTIK-VERBAL
|
45
|
||
1.3. Kecerdasan
Visual
|
1.3.1. Tes
I: Soal Seri Gambar Selanjutnya
1.3.2. Tes
II: Soal Melengkapi Deretan Gambar
|
76-85
86-100
|
|
TOTAL
ITEM KECERDASAN SPASIAL-VERBAL
|
20
|
||
TOTAL
ITEM KESELURUHAN
|
100
|
G. Penulisan Butir Soal
Butir
Soal Sub-Variabel Kecerdasan Logiko-Matematik
Tes I: Soal Berhitung
Angka
Petunjuk :
pilihlah salah satu jawaban yang benar dari beberapa alternative yang
disediakan berdasarkan pertanyaan. Berilah tanda (X) pada jawaban yang dipilih!
Soal
:
1. 126
: 6 =………
a. 22
b. 24
c. 21
d. 20
e. 25
2. 1278
+ 278,8 =………
a. 1557.8
b. 1548.8
c. 1558.6
d. 1556.8
e. 1538.8
3. (25+5)+(40+65)-(59+21)
=……….
a. 54
b. 55
c. 53
d. 56
e. 52
4. 0,875
+ 2,27 =…………
a. 3.145
b. 3.144
c. 3.154
d. 3.415
e. 3.143
5. 305,0
: 165,9 =………….
a. 1.84
b. 1.83
c. 1.38
d. 1.85
e. 1.82
6. = …………..
a. 12
b. 14
c. 16
d. 18
e. 15
7. x 45 =………..
a. 262
b. 273
c. 270
d. 272
e. 271
8. =……………
a. 210
b. 220
c. 222
d. 212
e. 211
9. 336
: 6 x 16 =………
a. 895
b. 896
c. 897
d. 890
e. 893
10. 0,875
x 2,27 – 0,812 =……….
a. 1.17
b. 1.28
c. 2.01
d. 2.12
e. 2.11
11. x 6 – 120 =………..
a. 25
b. 30
c. 32
d. 33
e. 35
12. 21,
806 + 2,890 – 1,901 =…………….
a. 21,785
b. 23,508
c. 22,795
d. 22,785
e. 23,504
13. (25
x 6) – (30 x 2) =……………….
a. 85
b. 80
c. 95
d. 90
e. 100
14. 150
: 5 x 15 =………………
a. 350
b. 450
c. 335
d. 455
e. 325
15. 250
: 25 - =………….
a. 5
b. 6
c. 4
d. 2
e. 7
16. 156
+ 250 + 38 + 9 =……………….
a. 453
b. 545
c. 345
d. 454
e. 435
17. 107
+ 23 – 12 + 89 =……………..
a. 201
b. 109
c. 110
d. 207
e. 105
18. 235
– 180 : 5 =……………
a. 11
b. 10
c. 15
d. 5
e. 14
19. 12
x 8 x 0,75 =………….
a. 75
b. 72
c. 70
d. 71
e. 73
20. =…………….
a.
b. 22
c. 24
d. 26
e. 25
21. Jika
tono membeli 15 lusin gelas kaca dengan harga Rp. 2.62500,- kepada pak amat,
berapakah harga satu lusin gelas kaca tersebut?
a. 18000
b. 17500
c. 15500
d. 16500
e. 16000
22. Budi
mahasiswa fakultas kedokteran telah menempuh 149 SKS dengan Indeks Prestasi
3,46. Semester ini dia mengambil 19 SKS. Berapakah indeks prestasi yang harus
dia capai semester ini agar indekas
prestasi kumulatifnya sebeesar 3, 60?
a. 4,69
b. 4,00
c. 3,78
d. 3,89
e. 3,60
23. Jika
dalam satu lusin piring harganya Rp.28.500,- berapakah harga satu buah piring
dalam satu lusin tersebut?
a. 3000
b. 2475
c. 2550
d. 2375
e. 2575
24. Jika
x adalah sisi buju sangkar yang luasnya 200, dan y adalah sisi panjang sebuah
empat persegi panjang yang luasnya 300 dan sisi pendeknya 10, berapakah x.y?
a. 300
b. 400
c. 500
d. 200
e. 250
25. Bu
mira mempunyai 5 buah toko baju muslim. Didalam satu buah toko baju terdapat 20
buah lusin baju dan di dalam 2 buah toko selanjutnya masing masing terdapat 15
lusian baju serta di dalam dua buah toko selanjutnya terdapat 10 buah luasin
baju dan 25 lusin baju, berpakah total keseluruhan baju yang terdapat dalam
keseluruhan toko?
a. 920
baju
b. 940
baju
c. 1020
baju
d. 820
baju
e. 850
baju
Tes II : Soal Deret
Angka
Petunjuk :
Pilihlah satu jawaban yang tepat untuk menyelesaikan deret angka pada
masing-masing soal tersebut. Isi jawaban yang menurut anda benar pada kotak di
depan nomor soal dengan huruf a, b, c, dan d !!!!!!!
Soal
:
26. 1,
3, 5, 7, ……=
a. 8
b. 9
c. 10
d. 11
e. 12
27. A,
C, E, G,…….=
a. I
b. K
c. C
d. J
e. L
28. 3,
5, 8, 12,……=
a. 15
b. 16
c. 17
d. 18
e. 19
29. A,
D, H, M,……..=
a. T
b. S
c. U
d. O
e. R
30. 1,
2, 4, 8, 16, 32,……=
a. 81
b. 79
c. 78
d. 64
e. 70
31. 2,
5, 3, 6, 4, 7,……,…..=
a. 6,9
b. 6,8
c. 5,9
d. 5,8
e. 5,5
32. A,
E, D, E, H, E,…..,…..=
a. M,E
b. L,E
c. N,E
d. K,E
e. J,E
33. 9,
9, 9, 6, 9, 3,…..,……=
a. 9,0
b. 3,0
c. 9,6
d. 6,9
e. 9,5
34. B,
G, K, N,……=
a. P
b. Q
c. R
d. S
e. T
35. 6,
13, 12, 26, 18, 39,……,……=
a. 24,48
b. 24,52
c. 25,52
d. 25,60
e. 25,62
Butir
Soal Sub-Variabel Kecerdasan Linguistik-Verbal
Tes I : Soal Memilih
Pasangan Kata
Petunjuk :Dalam
tes ini Anda memiliki sebuah pasangan kata. Dari 4 pilihan yang disediakan,
pilih pasangan yang paling sepadan dengan pilihan pasangan yang
disediakan.pilihlah salah satu jawaban yang benar dari beberapa alternative
yang disediakan berdasarkan pertanyaan. Berilah tanda (X) pada jawaban yang
dipilih!
Soal
:
36. Mobil
– Bensin = Pelari - …………….
a. Makanan
b. Sepatu
c. Kaos
d. Lintasan
e. Air
37. Dingin
– Selimut = Hujan - …………….
a. Basah
b. Payung
c. Dingin
d. Air
e. Cuaca
38. Semir
– Sepatu = Sikat - ……………
a. Rambut
b. Kuku
c. Televisi
d. Gigi
e. Sepatu
39. Kepala
– Pusing = Perut -……………
a. Batuk
b. Pilek
c. Mules
d. Gemuk
e. Buncit
40. Bugil
– Pakaian = Gundul -…………..
a. Botak
b. Kepala
c. Cukur
d. Rambut
e. Kumis
41. Kayu
– Pohon = Emas -……………
a. Tambang
b. Perhiasan
c. Logam
d. Mahal
e. Intan
42. Saya
– Kami = Dia -……………….
a. Kamu
b. Mereka
c. Anda
d. Kita
e. Aku
43. Kumis
– Kucing = Belalai -………….
a. Ular
b. Harimau
c. Gajah
d. Hidung
e. Badak
44. Regular
– Senin = Karyawan -…………….
a. Selasa
b. Rabu
c. Minggu
d. Jumat
e. Kamis
45. Busur
– Panah = Senapan -……………..
a. Peluru
b. Senjata
c. Tembakan
d. Berbahaya
e. Warning
46. Ayah
– Anak = Pohon -………………
a. Daun
b. Tunas
c. Akar
d. Ranting
e. Batang
47. Es
– Dingin = Gula -……………..
a. Bubuk
b. Tebu
c. Kristal
d. Manis
e. Putih
48. Pintar
– Belajar = Bodoh -………..
a. Cerdas
b. Rajin
c. Cuek
d. Malas
e. Pandai
49. Terbang
– Burung = Jalan -……………
a. Jauh
b. Singa
c. Ikan
d. Lebah
e. Kodok
50. Mobil
– Roda = Rumah -…………………
a. Pondasi
b. Tanah
c. Atap
d. Jendela
e. Pagar
51. Bulan
– Bumi = Yupiter -……………..
a. Venus
b. Orbit
c. Matahari
d. Bulan
e. Bintang
52. Februari
– April = Mei -…………….
a. Juli
b. Agustus
c. September
d. Oktober
e. Desember
53. Ekspor
– Pegi = Impor -……………
a. Luar
b. Dagang
c. Masuk
d. Asing
e. Jual
54. Mobil
– Bensin = Perahu -…………….
a. Laut
b. Angin
c. Kayu
d. Ombak
e. Badai
55. Mikroskop
– Mikroba = Teleskop -………….
a. Bakteri
b. Teropong
c. Bioskop
d. Bintang
e. Kumbang
Tes II : Soal Lawan
Kata (Antonim)
Petunjuk :
Pilihlan satu jawaban yang palin tepat
yang merupakan lawan kata atau
makna yang berlawanan dengan soal yang
diberikan. Kemudian kotak didepan soal diisi dengan jawaban anda apakah a, b,
c, atau d!!!!
Soal:
56. Asli
><………=
a. Tiruan
b. Murni
c. Orisinil
d. Alami
e. Sama
57. Absen
><……..=
a. Hadir
b. Ijin
c. Masuk
d. Alpa
e. Sakit
58. Gratis
><………=
a. Lunas
b. Bayar
c. Tunai
d. Cash
e. Uang
59. Gagal
><………=
a. Selamat
b. Berguna
c. Batal
d. Berhasil
e. Gagal
Total
60. Antipati
><…….=
a. Acuh
b. Simpati
c. Peduli
d. Angkuh
e. Sombong
61. Gersang
><……..=
a. Kemarau
b. Tandus
c. Subur
d. Kering
e. Basah
62. Pasca
><………=
a. Sebelum
b. Akhir
c. Setelah
d. Melewati
e. Finish
63. Tunai
><………=
a. Hutang
b. Cash
c. Lunas
d. Kontan
e. Cek
64. Netral
><………=
a. Bergabung
b. Berpihak
c. Musuh
d. Sekutu
e. Lawan
65. Percaya
Diri ><……..=
a. Pesimis
b. Optimis
c. Rendah
Diri
d. Ragu-Ragu
e. Khawatir
66. Pakar
><……..=
a. Pionir
b. Awam
c. Pelopor
d. Ahli
e. Spesialis
67. Normal
><………=
a. Stabil
b. Sinkron
c. Gaduh
d. Anomali
e. Ramai
68. Jumbo
><………=
a. Kecil
b. Besar
c. Bangkok
d. Super
e. Big
69. Nekat
><………=
a. Sabar
b. Takut
c. Berani
d. Jagoan
e. Pahlawan
70. Kolektif
><……..=
a. Tunggal
b. Individual
c. Berpisah
d. Bersama
e. Kelompok
71. Junior
><………=
a. Senior
b. Adik
c. Muda
d. Darior
e. Kecil
72. Stabil
><………=
a. Labil
b. Hancur
c. Kacau
d. Rusak
e. Gaduh
73. Tesis
><………=
a. Hipotesis
b. Sintesis
c. Antithesis
d. Skripsi
e. Tugas
74. Peluang
><…….=
a. Kesempatan
b. Ancaman
c. Kemungkinan
d. Lowongan
e. Kekuatan
75. Menyambung
><………=
a. Menghubungkan
b. Merajut
c. Menyulam
d. Memutus
e. Mengikat
selamat sore pak. boleh sy minta alamat email bapak?
BalasHapusthanks before
maaf saya baru bisa balas mba Novalia ; ini alamat email saya, sugiantobks2c13299@gmail.com
BalasHapusMinta soal kecerdasan kinestetik donk pak?
BalasHapusMinta soal kecerdasan kinestetik donk pak?
BalasHapusMinta kecerdasan linguistik boleh pak?
BalasHapuspak ini yang tes kecerdasan visual spasial nya ga ada ya pak?
BalasHapusSoal tes kecerdasan kinestetik, musik, dan spasial-visual ada tidak pak?
BalasHapus