Jumat, 11 April 2014

PENGEMBANGAN INSTRUMEN KECERDASAN



PENGEMBANGAN INSTRUMEN KECERDASAN (INTELEGENSI)
A.  Rasional
Inteligensi dapat diartikan ekspresi dari tingkat kemampuan individu pada saat tertentu dalam hubungan dengan norma usia tertentu. Menurut Alfred Binet intelegensi merupakan sisi tunggal dari karakteristik yang terus berkembang sejalan dengan proses kematangan seseorang yang menggambarkan intelegensi sebagai suatu yang fungsional, untuk melihat apakah seseorang cukup intelegen atau tidak, dapat diamati dari cara dan kemampuannya untuk mengubah dan melakukan suatu tindakan. Sedangkan menurut  Howard Gardner kecerdasan adalah kemampuan untuk memecahkan dan menyelesaikan masalah dan menghasilkan produk mode yang merupakan konsekuensi dalam suasana budaya atau masyarakat tertentu. Berdasarkan pengertian dari para ahli di atas menunjukan bahwa setiap individu memiliki intelegensi yang berbeda-beda yang dapat dilihat dan diukur menggunakan instrument yang baku. Dalam hal ini saya mencoba mengembangkan instrument kecerdasan tersebut dengan merujuk kepada sebuah teori Howard Gardner yaitu teori Multiple Intelegence.
Howard Gardner dalam bukunya The Theory of Multiple Intelegence mengusulkan Sembilan macam komponen kecerdasan  yang disebutnya dengan Multiple Intelegence ( intelegensi ganda). Intelegensi ganda tersebut meliputi :
1.    Kecerdasan Linguistik-Verbal
2.    Kecerdasan Logiko-Matematik
3.    Kecerdasan Spasial-Visual
4.    Kecerdasan Ritmik-Musik
5.    Kecerdasan Kinestetik
6.    Kecerdasan Interpersonal
7.    Kecerdasan Intrapersonal
8.    Kecerdasan Naturalis
9.    Kecerdasan Eksistensial
Mengingat banyaknya komponen kecerdasan yang di sebutkan oleh Howard Gardner dan didukung dengan latar belakang peserta didik disekolah yang berbeda-beda dan mempunyai kecerdasan yang berbeda sudah seyogiyanya instrument kecerdasan dikembangkan dengan kepentingan untuk memberikan sudut pandang baru terhadap kecerdasan peserta didik dan mengidentifikasi kecerdasan secara universal, oleh karena itu saya merasa perlu mengembangkan istrumen tersebut. Instrument yang akan dikembangkan dalam hal ini adalah instrument kecerdasan Linguistik-Verbal, Kecerdasan Logiko-Matematik dan Kecerdasan Spasial-Visual.

B.  Tujuan Pengembangan
Tujuan dari pengembangan instrument kecerdasan  adalah
1.    Dengan mengetahui potensi yang ada pada dirinya peserta didik mampu mengembangkan potensi tersebut.
2.    Membantu peserta didik untuk mampu mengembangkan berbagai aspek dalam dirinya.
3.    Membantu peserta didik menggali dan mengenali kemampuan yang ada dalam dirinya.
4.    Meningkatkan rasa tanggung jawab dan disiplin terhadap potensi yang dimiliki perserta didik..
5.    Membantu peserta didik dalam pemahaman dan penerimaan dirinya sendiri.

C.  Karakteristik
1.    Responden
Responden yang akan diberikan instrument kecerdasan adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA).
2.    Bentuk Soal
Bentuk soal yang dikembangkan dalam tes kecerdasan ini berupa tes pengetahuan dasar, tes pemahaman, tes aritmatika, tes logika matematis, tes verbal dan tes gambar.
3.    Ruang Lingkup Penggunaan
Ruang lingkup penggunaan instrument ini adalah pelajar SMA

D.  Aspek yang Diukur
Aspek yang diukur dalam instrument ini adalah merujuk kepada beberapa multiple intilegence yaitu Kecerdasan Logiko-Matematik, kecerdasan Linguistik-Verbal, dan Kecerdasan Spasial-Visual.


E.  Definisi Konseptual dan Operasional
Multiple Intelligence adalah teori kecerdasan majemuk yang dipaparkan Prof. Howard Gardner. Multiple intelligence atau kecerdasan majemuk pada dasarnya adalah sebuah konsep yang menunjukkan kepada kita bahwa potensi anak-anak kita, khususnya jika dikaitkan dengan kecerdasan,ternyata banyak sekali. Memahami multiple intelligence bukanlah untuk membuat anak-anak kita menjadi hebat. Namun,konsep tersebut, paling tidak dapat  membantu kita untuk memahami bahwa anak-anak kita itu menyimpan potensi yang luar biasa.
Pengertian dari kecerdasan menurut Howard Gardner adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang mempunyai nilai budaya atau suatu kumpulan kemampuan atau ketrampilan yang dapat ditumbuhkembangkan. Sedangkan multiple intelegence (kecerdasan majemuk) adalah kecerdasan yang dimiliki oleh tiap individu lebih dari satu macam. Menurut Howard Gardner setiap individu delapan jenis kecerdasan di dalam dirinya,yang disebut kecerdasan majemuk (multiple intelligence).
Prestasi seseorang ditentukan juga oleh tingkat kecerdasannya (Inteligensi). Walaupun mereka memiliki dorongan yang kuat untuk berprestasi dan orang tuanya memberi kesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan prestasinya, tetapi kecerdasan mereka yang terbatas tidak memungkinkannya untuk mencapai keunggulan. Tingkat Kecerdasan (Intelegensi) bawaan ditentukan baik oleh bakat bawaan (berdasarkan gen yang diturunkan dari orang tuanya) maupun oleh faktor lingkungan (termasuk semua pengalaman dan pendidikan yang pernah diperoleh seseorang; terutama tahun-tahun pertama dari kehidupan mempunyai dampak kuat terhadap kecerdasan seseorang). Secara umum intelegensi dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.    Kemampuan untuk berpikir abstrak
2.    Untuk menangkap hubungan-hubungan dan untuk belajar
3.    Kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap situasi-situasi baru
Konsep multiple intelligence diperkenalkan oleh Prof. Howard Gardner, yaitu seorang psikolog dan profesor utama di Cognition and Education, Harvard Graduate School of Education dan juga profesor di bidang Neurologi, Boston University School of Medicine. Konsep ini memiliki esensi bahwa setiap orang adalah unik, setiap orang perlu menyadari dan mengembangkan ragam kecerdasan manusia dan kombinasi-kombinasinya. Setiap siswa berbeda karena mempunyai kombinasi kecerdasan yang berlainan.
Konsep multiple intelligence menurut Gardner (1983) dalam bukunya Frame or Mind : The Theory of Multiple Intelligences ada delapan jenis kecerdasan yang dimiliki setiap individu. Delapan jenis kecerdasan ini,setiap individu mengakses informasi yang akan masuk ke dalam dirinya. Dalam bukunya, Thomas Amstrong (2002) juga menyebutkan kecerdasan tersebut merupakan modalitas untuk melejitkan kemampuan tiap siswa dan menjadikan mereka sebagai sang juara,karena pada dasarnya setiap anak cerdas. Kecerdasan majemuk menurut Howard Gardner ada delapan macam,yaitu :
1.    Kecerdasan Linguistik-Verbal
Adalah kemampuan untuk berfikir dalam bentuk kata-kata dan menggunakan bahasa untuk mengekpresikan dan menghargai makna yang komplek, yang meliputi kemampuan membaca, mendengar, menulis, dan berbicara.
2.    Kecerdasan Logiko-Matematik
Adalah kemampuan dalam menghitung, mengukur dan mempertimbangkan proposisi dan hipotesis serta menyelesaikan operasi-operasi matematika.
3.    Kecerdasan Spasial-Visual
Intelegensi Spasial-Visual merupakan kemampuan yang memungkinkan memvisualisasikan infomasi dan mensintesis data-data dan konsep-konsep ke dalam metavor visual atau gambar.
4.    Kecerdasan Ritmik-Musik
Intelegensi musik adalah kecerdasan seseorang yang berhubungan dengan sensitivitas pada pola titik nada, melodi, ritme, dan nada. Musik adalah bahasa pendengaran yang menggunakan tiga komponen dasar yaitu intonasi suara, irama dan warna nada yang memakai system symbol yang unik.
5.    Kecerdasan Kinestetik
Kinestetik adalah belajar melalui tindakan dan pengalaman melalui panca indera. Intelegensi kinestetik adalah kemampuan untuk menyatukan tubuh atau pikiran untuk menyempurnakan pementasan fisik. Dalam kehidupan sehari-hari dapat diamati pada actor,atlet atau penari, penemu, tukang emas, mekanik.
6.    Kecerdasan Interpersonal
Intelegensi interpersonal adalah kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dengan orang lain dilihat dari perbedaan, temperamen, motivasi, dan kemampuan.
7.    Kecerdasan Intrapersonal
Adalah kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri dari keinginan, tujuan dan system emosional yang muncul secara nyata pada pekerjaannya.
8.    Kecerdasan Naturalis
Adalah kemampuan untuk mengenal flora dan fauna melakukan pemilahan-pemilahan utuh dalam dunia kealaman dan menggunakan kemampuan ini secara produktif misalnya untuk berburu, bertani, atau melakukan penelitian biologi.
9.    Kecerdasan Eksistensial
Kemampuan menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang untuk menjawab persoalan – persoalan terdalam keberadaan atau eksistensi manusia. Orang tidak puas hanya menerima keberadaannya secara otomatis, tetapi mencoba menyadarinya dan mencari jawaban yang terdalam. Intelegensi ini tampaknya sangat berkembang pada banyak filsuf, terlebih filsuf eksistensialis yang selalu mempertanyakan dan mencoba menjawab persoalan eksistensi hidup manusia.
Klasifikasi Intelegensi Menurut Terman dan Merril
IQ
PERSENTASE
KLASIFIKASI
160 – 169
0,03

Sangat Superior
150 – 159
0,20
140 – 149
1,10
130 – 139
3,10
Superior
120 – 129
8,20
110 – 119
18,10
Rata-rata Tinggi
100 – 109
23,50
Rata-rata Normal
90 – 99
23,00
80 – 89
14,50
Rata-rata Rendah
70 – 79
5,60
Batas Lemah
60 – 69
2,00

Lemah Mental
50 – 59
ngan0,40
40 – 49
0,20
30 – 39
0,03


Rumus perhitungan intelegensi menurut Alfred Binet :
IQ
Keterangan :
MA      : Mental Age (Usia Mental)
CA      : Chronological Age ( Usia Kronologi)
100      : Angka konstan

F.   Kisi-Kisi Instrumen

Tabel Kisi-Kisi Instrumen Kecerdasan
Variabel
Sub-Variabel
Jenis Soal
Item
1.    Kecerdasan
1.1.    Kecerdasan Logiko-Matematik
1.1.1.      Tes I: Soal Berhitung Angka
1.1.2.      Tes II: Soal Deret Angka
1-25

26-35
TOTAL ITEM KECERDASAN LOGIKO-MATEMATIK
35
1.2.    Kecerdasan Linguistik-Verbal
1.2.1.    Tes I: Soal Memilih Pasangan Kata
1.2.2.    Tes II: Soal Lawan Kata
36-55

56-75
TOTAL ITEM KECERDASAN LINGUISTIK-VERBAL
45
1.3.    Kecerdasan Visual
1.3.1.    Tes I: Soal Seri Gambar Selanjutnya
1.3.2.    Tes II: Soal Melengkapi Deretan Gambar
76-85

86-100
TOTAL ITEM KECERDASAN SPASIAL-VERBAL
20
TOTAL ITEM KESELURUHAN
100





G.  Penulisan Butir Soal
Butir Soal Sub-Variabel Kecerdasan Logiko-Matematik

Tes I: Soal Berhitung Angka
Petunjuk : pilihlah salah satu jawaban yang benar dari beberapa alternative yang disediakan berdasarkan pertanyaan. Berilah tanda (X) pada jawaban yang dipilih!
Soal :
1.    126 : 6 =………
a.       22                    
b.      24                    
c.       21                    
d.      20
e.       25
2.    1278 + 278,8 =………
a.       1557.8 
b.      1548.8 
c.       1558.6 
d.      1556.8
e.       1538.8
3.    (25+5)+(40+65)-(59+21) =……….
a.       54                    
b.      55                    
c.       53                    
d.      56
e.       52
4.    0,875 +  2,27 =…………
a.       3.145               
b.      3.144   
c.       3.154   
d.      3.415
e.       3.143

5.    305,0 : 165,9 =………….
a.       1.84                 
b.      1.83                 
c.       1.38                 
d.      1.85
e.       1.82
6.     = …………..
a.       12                    
b.      14                    
c.       16                    
d.      18
e.       15
7.     x 45 =………..
a.       262                  
b.      273                  
c.       270                  
d.      272
e.       271
8.     =……………
a.       210                 
b.      220                 
c.       222                 
d.      212
e.       211
9.    336 : 6 x 16 =………
a.       895                  
b.      896                  
c.       897                  
d.      890
e.       893

10.    0,875 x 2,27 – 0,812 =……….
a.       1.17               
b.      1.28               
c.       2.01               
d.      2.12
e.       2.11
11.     x 6 – 120 =………..
a.       25                  
b.      30                  
c.       32                  
d.      33
e.       35
12.    21, 806 + 2,890 – 1,901 =…………….
a.       21,785           
b.      23,508           
c.       22,795           
d.      22,785
e.       23,504
13.    (25 x 6) – (30 x 2) =……………….
a.       85                  
b.      80                  
c.       95                  
d.      90
e.       100
14.    150 : 5 x 15 =………………
a.       350                
b.      450                
c.       335                
d.      455
e.       325

15.    250 : 25 -  =………….
a.       5                    
b.      6                    
c.       4                    
d.      2        
e.       7
16.    156 + 250 + 38 + 9 =……………….
a.       453                
b.      545                
c.       345                
d.      454
e.       435
17.    107 + 23 – 12 + 89 =……………..
a.       201                
b.      109                
c.       110                
d.      207
e.       105
18.    235 – 180 : 5 =……………
a.       11                  
b.      10                  
c.       15                  
d.      5
e.       14
19.    12 x 8 x 0,75 =………….
a.       75                  
b.      72                  
c.       70                  
d.      71
e.       73

20.     =…………….
a.                         
b.      22                  
c.       24      
d.      26
e.       25
21.    Jika tono membeli 15 lusin gelas kaca dengan harga Rp. 2.62500,- kepada pak amat, berapakah harga satu lusin gelas kaca tersebut?
a.       18000            
b.      17500
c.       15500
d.      16500
e.       16000
22.    Budi mahasiswa fakultas kedokteran telah menempuh 149 SKS dengan Indeks Prestasi 3,46. Semester ini dia mengambil 19 SKS. Berapakah indeks prestasi yang harus dia capai semester ini agar  indekas prestasi kumulatifnya sebeesar 3, 60?
a.       4,69               
b.      4,00               
c.       3,78               
d.      3,89
e.       3,60
23.    Jika dalam satu lusin piring harganya Rp.28.500,- berapakah harga satu buah piring dalam satu lusin tersebut?
a.       3000              
b.      2475  
c.       2550              
d.      2375
e.       2575


24.    Jika x adalah sisi buju sangkar yang luasnya 200, dan y adalah sisi panjang sebuah empat persegi panjang yang luasnya 300 dan sisi pendeknya 10, berapakah x.y?
a.       300                
b.      400                
c.       500                
d.      200
e.       250
25.    Bu mira mempunyai 5 buah toko baju muslim. Didalam satu buah toko baju terdapat 20 buah lusin baju dan di dalam 2 buah toko selanjutnya masing masing terdapat 15 lusian baju serta di dalam dua buah toko selanjutnya terdapat 10 buah luasin baju dan 25 lusin baju, berpakah total keseluruhan baju yang terdapat dalam keseluruhan toko?
a.       920 baju        
b.      940 baju        
c.       1020 baju      
d.      820 baju
e.       850 baju

Tes II : Soal Deret Angka
Petunjuk : Pilihlah satu jawaban yang tepat untuk menyelesaikan deret angka pada masing-masing soal tersebut. Isi jawaban yang menurut anda benar pada kotak di depan nomor soal dengan huruf a, b, c, dan d !!!!!!!
Soal :
26.    1, 3, 5, 7, ……=
a.       8
b.      9
c.       10
d.      11
e.       12



27.    A, C, E, G,…….=
a.       I
b.      K
c.       C
d.      J
e.       L
28.    3, 5, 8, 12,……=
a.       15
b.      16
c.       17
d.      18
e.       19
29.    A, D, H, M,……..=
a.       T
b.      S
c.       U
d.      O
e.       R
30.    1, 2, 4, 8, 16, 32,……=
a.       81
b.      79
c.       78
d.      64
e.       70
31.    2, 5, 3, 6, 4, 7,……,…..=
a.       6,9
b.      6,8
c.       5,9
d.      5,8
e.       5,5

32.    A, E, D, E, H, E,…..,…..=
a.       M,E
b.      L,E
c.       N,E
d.      K,E
e.       J,E
33.    9, 9, 9, 6, 9, 3,…..,……=
a.       9,0
b.      3,0
c.       9,6
d.      6,9
e.       9,5
34.    B, G, K, N,……=
a.       P
b.      Q
c.       R
d.      S
e.       T
35.    6, 13, 12, 26, 18, 39,……,……=
a.       24,48
b.      24,52
c.       25,52
d.      25,60
e.       25,62







Butir Soal Sub-Variabel Kecerdasan Linguistik-Verbal

Tes I : Soal Memilih Pasangan Kata
Petunjuk :Dalam tes ini Anda memiliki sebuah pasangan kata. Dari 4 pilihan yang disediakan, pilih pasangan yang paling sepadan dengan pilihan pasangan yang disediakan.pilihlah salah satu jawaban yang benar dari beberapa alternative yang disediakan berdasarkan pertanyaan. Berilah tanda (X) pada jawaban yang dipilih!
Soal :
36.    Mobil – Bensin = Pelari - …………….
a.    Makanan           
b.    Sepatu   
c.    Kaos                 
d.   Lintasan
e.    Air
37.    Dingin – Selimut = Hujan - …………….
a.    Basah                
b.    Payung  
c.    Dingin   
d.   Air
e.    Cuaca
38.    Semir – Sepatu = Sikat - ……………
a.    Rambut             
b.    Kuku     
c.    Televisi 
d.   Gigi
e.    Sepatu





39.    Kepala – Pusing = Perut -……………
a.    Batuk                
b.    Pilek      
c.    Mules    
d.   Gemuk
e.    Buncit
40.    Bugil – Pakaian = Gundul -…………..
a.    Botak                
b.    Kepala  
c.    Cukur    
d.   Rambut
e.    Kumis
41.    Kayu – Pohon = Emas -……………
a.    Tambang           
b.    Perhiasan          
c.    Logam  
d.   Mahal
e.    Intan
42.    Saya – Kami = Dia -……………….
a.    Kamu                
b.    Mereka  
c.    Anda     
d.   Kita
e.    Aku
43.    Kumis – Kucing = Belalai -………….
a.    Ular                   
b.    Harimau
c.    Gajah    
d.   Hidung
e.    Badak

44.    Regular – Senin = Karyawan -…………….
a.    Selasa                
b.    Rabu     
c.    Minggu 
d.   Jumat
e.    Kamis
45.    Busur – Panah = Senapan -……………..
a.       Peluru            
b.      Senjata          
c.       Tembakan      
d.      Berbahaya
e.       Warning
46.    Ayah – Anak = Pohon -………………
a.       Daun             
b.      Tunas 
c.       Akar              
d.      Ranting
e.       Batang
47.    Es – Dingin = Gula -……………..
a.       Bubuk                       
b.      Tebu  
c.       Kristal
d.      Manis
e.       Putih
48.    Pintar – Belajar = Bodoh -………..
a.       Cerdas           
b.      Rajin  
c.       Cuek  
d.      Malas
e.       Pandai

49.    Terbang – Burung = Jalan -……………
a.       Jauh               
b.      Singa 
c.       Ikan               
d.      Lebah
e.       Kodok
50.    Mobil – Roda = Rumah -…………………
a.       Pondasi         
b.      Tanah
c.       Atap              
d.      Jendela
e.       Pagar
51.    Bulan – Bumi = Yupiter -……………..
a.       Venus            
b.      Orbit  
c.       Matahari        
d.      Bulan
e.       Bintang
52.    Februari – April = Mei -…………….
a.       Juli                 
b.      Agustus         
c.       September     
d.      Oktober
e.       Desember
53.    Ekspor – Pegi = Impor -……………
a.       Luar               
b.      Dagang          
c.       Masuk           
d.      Asing
e.       Jual

54.    Mobil – Bensin = Perahu -…………….
a.       Laut               
b.      Angin
c.       Kayu 
d.      Ombak
e.       Badai
55.    Mikroskop – Mikroba = Teleskop -………….
a.       Bakteri          
b.      Teropong       
c.       Bioskop         
d.      Bintang
e.       Kumbang

Tes II : Soal Lawan Kata (Antonim)
Petunjuk : Pilihlan satu jawaban yang palin tepat  yang merupakan lawan kata  atau makna yang berlawanan dengan soal  yang diberikan. Kemudian kotak didepan soal diisi dengan jawaban anda apakah a, b, c, atau d!!!!
Soal:
56.    Asli ><………=
a.       Tiruan
b.      Murni
c.       Orisinil
d.      Alami
e.       Sama
57.    Absen ><……..=
a.       Hadir
b.      Ijin
c.       Masuk
d.      Alpa
e.       Sakit

58.    Gratis ><………=
a.       Lunas
b.      Bayar
c.       Tunai
d.      Cash
e.       Uang
59.    Gagal ><………=
a.       Selamat
b.      Berguna
c.       Batal
d.      Berhasil
e.       Gagal Total
60.    Antipati ><…….=
a.       Acuh
b.      Simpati
c.       Peduli
d.      Angkuh
e.       Sombong
61.    Gersang ><……..=
a.       Kemarau
b.      Tandus
c.       Subur
d.      Kering
e.       Basah
62.    Pasca ><………=
a.       Sebelum
b.      Akhir
c.       Setelah
d.      Melewati
e.       Finish

63.    Tunai ><………=
a.       Hutang
b.      Cash
c.       Lunas
d.      Kontan
e.       Cek
64.    Netral ><………=
a.       Bergabung
b.      Berpihak
c.       Musuh
d.      Sekutu
e.       Lawan
65.    Percaya Diri ><……..=
a.       Pesimis
b.      Optimis
c.       Rendah Diri
d.      Ragu-Ragu
e.       Khawatir
66.    Pakar ><……..=
a.       Pionir
b.      Awam
c.       Pelopor
d.      Ahli
e.       Spesialis
67.    Normal ><………=
a.       Stabil
b.      Sinkron
c.       Gaduh
d.      Anomali
e.       Ramai

68.    Jumbo ><………=
a.       Kecil
b.      Besar
c.       Bangkok
d.      Super
e.       Big
69.    Nekat ><………=
a.       Sabar
b.      Takut
c.       Berani
d.      Jagoan
e.       Pahlawan
70.    Kolektif ><……..=
a.       Tunggal
b.      Individual
c.       Berpisah
d.      Bersama
e.       Kelompok
71.    Junior ><………=
a.       Senior
b.      Adik
c.       Muda
d.      Darior
e.       Kecil
72.    Stabil ><………=
a.       Labil
b.      Hancur
c.       Kacau
d.      Rusak
e.       Gaduh

73.    Tesis ><………=
a.       Hipotesis
b.      Sintesis
c.       Antithesis
d.      Skripsi
e.       Tugas
74.    Peluang ><…….=
a.       Kesempatan
b.      Ancaman
c.       Kemungkinan
d.      Lowongan
e.       Kekuatan
75.    Menyambung ><………=
a.       Menghubungkan
b.      Merajut
c.       Menyulam
d.      Memutus
e.       Mengikat

7 komentar:

  1. selamat sore pak. boleh sy minta alamat email bapak?
    thanks before

    BalasHapus
  2. maaf saya baru bisa balas mba Novalia ; ini alamat email saya, sugiantobks2c13299@gmail.com

    BalasHapus
  3. Minta soal kecerdasan kinestetik donk pak?

    BalasHapus
  4. Minta soal kecerdasan kinestetik donk pak?

    BalasHapus
  5. Minta kecerdasan linguistik boleh pak?

    BalasHapus
  6. pak ini yang tes kecerdasan visual spasial nya ga ada ya pak?

    BalasHapus
  7. Soal tes kecerdasan kinestetik, musik, dan spasial-visual ada tidak pak?

    BalasHapus